Home News Update Ribuan Muslim Semarang Gelar Pawai Sambut Ramadhan

Ribuan Muslim Semarang Gelar Pawai Sambut Ramadhan

Ribuan warga muslim Semarang menggelar pawai sambut ramadhan di area Car Free Day.

SEMARANG, 29/5 (BeritaJateng.net) – Memanfaatkan moment Car Free Day Simpanglima dan Pahlawan, ribuan muslim yang berasal dari sejumlah Perwakilan dari lembaga ZIS (Zakat Infaq Sedekah) yang tergabung dalam FOZ (Forum Organizasi Zakat) Wilayah Jawa Tengah, Puskomda Semarang Raya dan komunitas muslim Semarang menggelar Pawai Sambut Ramadhan dengan tema “Semarang Kampung Ramadhan”.

Selain pawai, serangkaian acara tersebut juga diisi dengan live performance perwakilan dari lembaga dan komunitas muslim. Selain itu juga terdapat konvoi ambulan layanan umat dari berbagai lembaga ZIS di Jateng, yang bertujuan untuk mengedukasikan bahwa terdapat ambulan jenazah dan pasien yang dapat dipakai secara gratis atau infak sukarela, kepada masyarakat yang membutuhkan.

Konvoi ambulan tersebut dimulai dari Simpanglima Semarang dan selesai di Masjid Kampus Undip Tembalang.

Pawai Ramadhan

Salah satu lembaga peserta acara yaitu IZI (inisiatif Zakat Indonesia) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, merupakan lembaga ZIS yang baru terbentuk sejak 5 bulan lalu. Dengan menjadi peserta acara tersebut, mereka berharap bisa mengajak masyarakat, khususnya warga kota Semarang untuk bersemangat dalam menyambut dan memasuki bulan yang penuh berkah, Ramadhan 1347 H.

Kepada cabang IZI perwakilan Jateng, Djoko Adhi Saputro menuturkan, setiap muslim perlu untuk digugah agar bisa menyambut dengan positif bulan Ramadhan yang akan hadir sekitar seminggu lagi.

Dan sesuai hadits, Rasulullah SAW bersabda, telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa. Pintu langit dibuka dan pintu neraka ditutup (H.R Nasai)

“Setiap muslim perlu membangun sikap positif dalam menyambut bulan istimewa Ramadhan,” tutur Djoko. (BJ)