Home Lintas Jateng Ribuan Linmas Disiagakan Hadapi Banjir di Solo

Ribuan Linmas Disiagakan Hadapi Banjir di Solo

ilustrasi banjir
ilustrasi banjir
ilustrasi banjir

Solo, 18/11(Beritajateng.net)– Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyiapkan ribuan personil perlindungan masyarakat (Linmas) untuk menghadapi banjir dimusim penghujan sekarang ini, kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas Pemkot Surakarta Sutarjo.

“Saat musim penghujan tiba, sejumlah bencana rutin memang sering terjadi di Kota Solo, maka kami menyiagakan petugas penuh 24 jam apabila ada bencana alam sewaktu-waktu terjadi,” kata Kepala Satpol PP Pemkot Surakarta Sutarjo di Solo, Selasa.

Ia mengatakan personel Linmas disiagakan di kawasan bantaran sungai Bengawan Solo, Kawasan sekitar hutan kota dan beberapa titik lain yang ada di Kota bengawan.

“Kurang lebih ada di sekitar 1.000 anggota Linmas baik Linmas kota maupun kelurahan yang ada di Kota Solo,” katanya.

Ia mengatakan meskipun disiagakan secara penuh, pihaknya tidak khawatir para personel itu akan menurun kesehatannya. Pasalnya dalam satu hari para persnoel Linmas itu berjaga hanya satu shift saja. Sehingga saat waktunya habis, maka personel yang berjaga itu akan digantikan oleh personel lainnya.

“Sehari ada tiga shift, sehingga dari pagi hingga malam ada linmas yang berjaga-jaga,” katanya.

Ia mengatakan selain itu guna mempermudah pekerjaan para personel saat bencana tiba, sejumlah alat penanggulangan bencana sudah disiapkan. Seperti gergaji mesin, kampak, palu dan juga Peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK). Dengan peralatan itu diharapkan saat bencana berlangsung para personel sudah siap dan bisa cepat mengambil tindakan. (ant/pj)