Home News Update Rektor UNS Sidak Pelaksanaan SBMPTN Bagi Peserta Berkebutuhan Khusus

Rektor UNS Sidak Pelaksanaan SBMPTN Bagi Peserta Berkebutuhan Khusus

Rektor UNS Rafik Karsidi sidak lokasi SNMPTN

SOLO, 1/6 (BeritaJateng.net) – Sembilan orang peserta berkebutuhan khusus mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 di Panitia Lokal (Panlok) 44 Surakarta (UNS) pada Selasa (31/5).

Jumlahnya menurut Rektor UNS Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Ravik Karsidi ada sembilan peserta yang terdiri empat peserta tuna netra, tiga peserta tuna rungu, satu peserta tuna daksa (lumpuh),dan satu peserta low vision.

Salah satu diantaranya, jelas Rafik Karsidi adalah Fajar wahyu Nugroho, asal Colomadu Karanganyar salah seorang peserta tunanetra yang mengikuti seleksi SBMPTN 2016. Saat mengerjakan soal, Fajar dibantu oleh dua orang pendamping untuk membacakan soal dan mengisikan di LJK.

Panitia juga memberikan ruangan khusus bagi peserta tunanetra agar tidak terganggu saat mengerjakan soal yang dibantu dua pendamping.

Panitia tidak menyediakan soal dalam huruf braille, namun menyediakan dua pengawas.

“UNS menyediakan pengawas yang merupakan dosen Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNS,” ungkap Ravik, Selasa (31/5).

Pelaksanaan SBMPTN tahun 2016 diikuti oleh 21.941. Sedangkan peserta Paper Base Test (PBT) yang terdiri dari  Saintek 9.355 peserta, Soshum 10.041 pesert0a dan campuran 2.485 peserta.

“Sedangkan peserta computer base test (CBT), ada 60 peserta terdiri dari Saintek 30 peserta dan Soshum 30 peserta dengan mengambil lokasi di Fakultas Kedokteran UNS,” terang Ravik.

Sementara itu jumlah peserta yang tidak hadir dalam SBMPTN Panlok 44 Surakarta jumlahnya ada 927 orang yang terdiri dari Saintex 458 peserta, campuran 159, dan Soshum 310 orang. (Bj24)