Home Headline Rekomendasi Cagub Jateng Dari Gerindra Diumumkan Awal Desember

Rekomendasi Cagub Jateng Dari Gerindra Diumumkan Awal Desember

783

SEMARANG, 27/11 (Beritajateng.net) – Rekomendasi pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah dari Partai Gerindra rencananya akan diumumkan pada awal bulan Desember mendatang. Rencananya rekomendasi tersebut merupakan hasil kesepakatan koalisi besar partai partai politik yang ada di Jawa Tengah.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid mengungkapkan, saat ini pembicaraan antara pimpinan parpol baik di tingkat pusat maupun Jawa Tengah sudah mengarah pada kesepakatan untuk mengusung satu pasangan calon yang akan bertarung melawan pasangan calon yang akan diusung PDI Perjuangan.

“Wacana head to head memang menjadi keinginan hampir semua pimpinan partai. Pembicaraan ke arah sana terus kita matangkan. Gerindra sendiri rencananya akan umumkan rekomendasi pada awal Desember mendatang,” ungkapnya usai mengikuti rapat konsolidasi bersama seluruh pengurus PAC, DPC dan DPD serta Anggota Legislatif dari Partai Gerindra bersama Ketua Umum Prabowo Subiyanto di Hotel Patrajasa, Senin (27/11).

Wachid mengungkapkan, bahwa pihaknya di tingkat daerah sudah melakukan komunikasi dengan parpol lain. Beberapa parpol yang menyatakan bersedia berkoalisi adalah PAN, PKS, dan PKB.

“PAN sudah oke, PKS juga sama, PKB juga demikian. Bahkan dengan PPP, Demokrat, terakhir dengan Golkar dan Nasdem,” katanya.

Namun, sampai sekarang belum ada keputusan bersama, masih sebatas penjajakan. Sebab masih butuh waktu untuk menyamakan persepsi antar parpol, utamanya siapa yang akan diusung bersama.

Rapat konsolidasi dalam rangka pelaksanaan Pilgub dan Pilkada tahun 2018 tersebut juga dihadiri dua orang Bakal Calon Gubernur Jateng Sudirman Said dan Ferry Juliantono. Abdul Wachid menjelaskan, kehadiran dua orang balon tersebut dalam rangka pemaparan visi dan misi kepada pengurus partai dihadapan Ketua Umum Prabowo Subiyanto.

“Sebenarnya sudah pernah kedua orang ini menyampaikan pemaparan visi dan misinya. Namun kali ini berbeda karena dilakukan didepan Ketua Umum,” katanya.

Dalam rapat konsolidasi yang dilaksanakan secara tertutup tersebut, Jelas Abdul Wachid yang didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro, Prabowo sudah menyatakan akan turun ke Jateng hingga daerah-daerah untuk menjadi juru kampanye. Cara kampanye yang dilakukan seperti di DKI Jakarta lalu, akan diterapkan di Jateng.

“Pak Prabowo menyatakan bahwa dia siap turun ke Jateng sampai daerah-daerah kalau perlu dilakukan kayak kemarin seperti di DKI, turun sampai di RT-RT,” katanya.

Menanggapi akan dikeluarkannya rekomendasi, Sudirman Said menyatakan, ia optimistis akan mendapatkan rekomendasi. Terlebih, di Gerindra sudah mengerucut dua nama yakni dirinya dan Ferry Juliantono. “Saya merasa optimis,” ujarnya.

Menurutnya, tak hanya Gerindra, sejumlah partai lain yaitu PAN dan PKS juga sudah menyatakan bahwa secara formal mereka akan mengusulkan nama Sudirman Said untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

“Apapun hasilnya adalah ada di Ketua Umum. Yang penting prosesnya bisa berjalan demokratis. Mudah-mudahan awal Desember ada keputusan kemudian akan kita tata tim dan koalisi termasuk menajamkan strategi pemenangan,” katanya.

Terkait wacana head to head, menurutnya dari pertemuannya dengan sejumlah pimpinan parpol, baik di tingkat Jateng maupun pusat, semuanya menginginkan hal tersebut.

“Hampir tiap partai yang saya temui harapannya seperti itu,” katanya.

Senada dengan Sudirman Said, Ferry Juliantono juga menyampaikan optimis akan mendapatkan rekomendasi dari Prabowo. Sebab dirinya merupakan kader internal sebagai Wakil Ketua Umum DPP Gerindra yang selama ini sudah banyak bekerja untuk partai. Namun ia menyerahkan sepenuhnya keputusan pada Ketua Umum Prabowo Subiyanto

“Saya sudah menyelesaikan sosialisasi ke 35 kabupaten/kota, ketemu struktural dan masyarakat. Saya juga sudah punya hasil survei, nanti saya serahkan ke Pak Prabowo, saya juga sudah menjajaki koalisi dan pasangan calon,” katanya.

(NK)