Home News Update Regulasi Turnamen Piala Kemerdekaan Masih Dipelajari Klub-Klub Sepakbola

Regulasi Turnamen Piala Kemerdekaan Masih Dipelajari Klub-Klub Sepakbola

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 10/7 (BeritaJateng.net) – Piala Kemerdekaan yang akan berlangsung mulai Agustus mendatang terus dipelajari klub-klub peserta perihal regulasi dalam turnamen itu.

Tak terkecuali PSIS Semarang, yang masih mempelajari dengan mengadakan pertemuan-pertemuan yang melibatkan pemain, pelatih, manajemen dan perwakilan suppoter.

Sebelumnya, PSIS Semarang sudah resmi menyatakan ikut serta dalam Turnamen Piala Kemerdakaan, setelah mendapat desakan dari para supporter dan para pemain sendiri.

“Untuk sekarang memang yang saya dengar masih baru sebatas keikutsertaan ya. Sedangkan mengenai regulasi itu masih ada pertemuan dan pembahasan lebih lanjut antara manajemen dan para pemain serta pelatih” kata M. Dhofir selaku pelatih PSIS Semarang.

Seperti diketahui Piala Kemerdekaan merupakan turnamen yang digagas oleh Kemenpora, dimana pesertanya berasal dari klub-klub Divisi Utama.

Berdasarkan surat edaran dari Kemenpora yang dibagikan kepada sejumlah klub peserta, konsep turnamen ini nantinya akan menggunakan sistem pertandingan home tournament setengah kompetisi.

Pada babak awal, dari peserta yang rencananya diikuti sekitar 30 klub ini akan dibagi ke dalam empat grup di empat wilayah.

Dimana masing-masing wilayah dan pembagian grupnya akan ditentukan oleh Tim Transisi Kemenpora berdasarkan jumlah klub yang berpartisipasi.

Selanjutnya akan diambil 4 juara grup dan 4 runner dari tiap-tiap grup/wilayah.

Hasilnya ada 8 tim yang lolos ke babak selanjutnya atau babak 8 besar.

Dari babak 8 besar ini sampai kemudian di babak final akan menggunakan sistem gugur.

Tim yang menjadi juara dalam turnamen ini akan menerima trofi/piala, medali dan hadiah uang sebesar Rp. 500 juta. Dan untuk runner up akan mendapatkan medali dan uang sebesar Rp. 300 juta.

Selain itu juga diberikan hadiah uang sebesar Rp. 100 juta kepada pemain terbaik dalam turnamen tersebut. (Mg-2)