Home Ekbis Realisasi PUMP Jauh Dari Target

Realisasi PUMP Jauh Dari Target

Ilustrasi

Semarang,5/1 (Beritajateng.net) – Realisasi penyaluran dana pinjaman uang muka perumahan (PUMP) oleh Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di wilayah Jawa Tengah dan DIY pada tahun 2014 ini dipastikan tidak tercapai.

Menurut  Kepala BPJS Ketenegakerjaan Kanwil Jateng-DIY, Edy Syahrial, pada tahun 2014 ini pihaknya mentargetkan penyaluran dana pinjaman uang muka perumahan sebesar Rp.12 miliar. Sementara dari Januari hingga November 2014, jumlah penyaluran dana tersebut hanya sebesar Rp.920 juta.
“Target kita tahun 2014 penyaluran sebesar Rp.12 M untuk 343 unit rumah. Tapi sampai november kemarin realisasinya hany Rp.920 juta untuk 46 unit rumah,”ungkapnya  senin (5/1/2015)
Menurut Edy Syahrial, minimnya penyaluran dana itu dikarenakan banyak pekerja yang tidak lolos verifikasi Bank untuk mendapatkan kredit perumahan. Salah satunya adalah jumlah penghasilan yang dilaporkan tidak mencukupi untuk membayar kredit rumah.
“Kita selama ini bekerjasama dengan BTN untuk kredit perumahan. Rata -rata mereka tidak lolos karena penghasilan tidak mencukupi untuk cicilan,”ungkapnya
Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Semarang satu, Budiman Siagian  mengatakan, minimnya penyaluran pinjaman uang muka perumahan dikarenakan pinjaman tersebut lebih banyak diperuntukkan bagi rumah sederhana. Sementara lokasi perumahan sederhana umumnya jauh dari lokasi kerja mereka.
“MEreka umumnya kurang berminat karena lokasi perumahan sederhana berada di pinggiran kota jauh dari tempat kerja. Sehingga mereka memerlukan tambahan biaya transportasi jika kredit rumah sederhana,”ujarnya.
Untuk menggenjot penyaluran dana pinjaman uang muka perumahan, pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan untuk pemberian pinjaman secara masal.
“Jadi misalkan di perusahaan itu ada 10 ribu karyawan, kita bisa sediakan lahan dan dibangun perumahan sederhana. Pemerintah diharapkan membantu dengan penyediaan transportasi sehingga biaya akan lebih murah,”ungkapnya .(Bj21)
Advertisements