Home Hukum dan Kriminal Reaktivasi Rel KA Pelabuhan-Tawang Tunggu Proses Hukum Kebonharjo

Reaktivasi Rel KA Pelabuhan-Tawang Tunggu Proses Hukum Kebonharjo

Suasana eksekusi warga oleh PT KAI.

Semarang, 2/7 (BeritaJateng.net) -Lanjutan Reaktivasi Rel KA Pelabuhan – Tawang oleh PT. KAI Daop 4 di Kebonharjo Semarang masih menunggu proses hukum.

Hal tersebut disampaikan oleh Gatut Sutiyatmoko, Humas PT. KAI Daop 4 Semarang. Menurutnya, pihaknya telah melakukan sesuai mekanisme yang benar dan sesuai prosedur perundang-undangan.

Ia mengatakan, jika pihak PT. KAI Daop 4 dirasa telah menyalahi aturan maka ia mempersilahkan pihak Kebonharjo untuk dapat mengajukan tuntutan ke Pengadilan.

“Kami melalui mekanisme yang benar sesuai dengan prosedur yang ada. Namun jika hal tersebut dianggap menyalahi aturan perundang-undangan, silahkan hak masing-masing jika ingin mengajukan tuntutan,” terangnya.

Gatut juga menerangkan bahwa jika terjadi proses hukum selanjutnya, pihaknya telah mempersiapkan yang akan dibutuhkan dalam persidangan. Diantaranya yaitu, data-data, konsultasi pakar hukum dan kantor pusat PT. KAI.

“Jika terjadi proses gugatan berikutnya, tentunya yang terpenting kami siap. Langkah awal data-data kami siapkan dan kedua kita akan konsultasi terus dengan pakar hukum, yang tentunya paham betul masalah aset, kemudian juga konsultasi kantor pusat juga,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan koordinasikan juga oleh pemerintah, baik pemerintah kota maupun pemerintah propinsi. Disamping itu dirinya juga menambahkan akan berkoordinasi dengan pihak aparat kewilayahan, terutama dengan Polrestabes Semarang.

Lanjutnya, untuk proses kelanjutan dan pengerjaan aktifasi aset PT. KAI Daop 4 pihaknya menyerahkan kewenangan Dirjen Kementrian Perhubungan

“Untuk proses pekerjaan aktifasi rel KAI nanti kewenangan dari Dirjen Kementerian Perhubungan,” tambahnya.(BJ06)