Home Lintas Jateng Ratusan Satpol PP Se Jateng, Ikuti Jambore di PTP. Pagilaran

Ratusan Satpol PP Se Jateng, Ikuti Jambore di PTP. Pagilaran

http://beritajateng.net/wp-content/uploads/2015/06/pemukulan-Kentongan-tanda-pembukan-jambore-olh-Asisten-I-Pemprov-Jateng-di-dampingi-Muspida
http://beritajateng.net/wp-content/uploads/2015/06/pemukulan-Kentongan-tanda-pembukan-jambore-olh-Asisten-I-Pemprov-Jateng-di-dampingi-Muspida
http://beritajateng.net/wp-content/uploads/2015/06/pemukulan-Kentongan-tanda-pembukan-jambore-olh-Asisten-I-Pemprov-Jateng-di-dampingi-Muspida

Batang, 9/6 (BeritaJateng.net) – Ratusan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Se Jawa Tengah mengikuti Jambore SATPOL PP Ke V Tahun 2015 yang berlangsung di Lapangan Bola PTP. Pagilaran Kecamatan Blado, Selasa (9/6) kemarin.

Asisten I Pemerintahan Sekda Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono, SH,M.Kn selaku inspektur Upacara dalam pembukan Jambore mengatakan, keberadaan  satpol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur.

Sesuai dengan peran dan fungsinya, bahwa Satpol PP perlu di berdayakan dan di dayagunakan, sehingga menjadi pendorong pembangunan yang efisien dan efektif, utamanya dalam pelaksanaan tugas penegak peraturan daerah yang memiliki potensi sumber PAD serta menjaga ketentraman.

“Satpol PP tidak di benarkan menjadi eksekutor dengan mengambil keputusan langsung dan bersifat sepihak dalam menegakan perda, tetapi harus melalui jenjang hirarki sesuai dengan substansi materi yang terkandung dalam perda,” kata Siswo kepada wartawan.

Menurutnya, Satpol PP yang baik adalah mereka yang mampu melakukan penegakan perda dengan cara – cara manusiawi, persuatif dan manusiawi, persuasif dan murah senyum. “Istilah jawanya “ngewongke” jangan asal melarang tanpa penjelasan kepada pihak – pihak yang menjadi objek penertiban,” terangnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah  M.Masrofi menjelaskan kegiatan jambore ini untuk meningkatkan kapasitas personil dan difokuskan untuk mengasah ketrampilan dan pengetahuan dasar tugas fungsi Satpol PP yang di kemas dalam bentuk kegiatan lomba, asah pengetahuan dan ketangkasaan individu maupun beregu dan sarasehan.

“Sebagaimana diketahui jika kegiatan jambore ini di rencanakan akan berlangsung selama tiga hari di mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Juni 2015 besok,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan kegiatan jambore se Jawa Tengah ini juga mengarah kepada disiplin sikap mental dan kesemaptaan jasmani serta kekompakan yang dikemas dalam bentuk autbond.

“Salah satunya nanti Satpol PP diajak untuk dapat mengembangkan kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan alam yang dikemas dalam kegiatan bakti sosial, kegiatan sosialisasi dan hiburan kepada masyarakat serta peduli kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

Masrofi menambahkan, di akhir kegiatan jambore tersebut nantinya akan dipilih team terbaik yang akan mewakili Jawa Tengah pada Jambore Nasional ( Nasional Corp Building ) di Palembang Sumatra Selatan Tahun 2015.

Dalam kegiatan itu, Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi Jawa Tengah berkesempatan menyerahkan bantuan 1 paket peralatan jasa boga senilai 25 juta, bantuan 50 paket lauk pauk kepada korban banjir dan rob, bantuan Program Pemberdayaan berupa 1 unit traktor dan 1 unit mesin jahit, bantuan program pogar rumah tidak layak huni senilai 350 juta, bantuan sosial 225 paket sembako, pengobatan umum gratis kepada masyarakat Pagilaran yang meliputi layanan kesehatan mata, deteksi katarak, fungsi paru dan konseling HIV Aids serta sosialisasi alat kontrasepsi KB. (BJ19)