Home Lintas Jateng Ratusan Pelajar Ikuti Pendidikan Bela Negara

Ratusan Pelajar Ikuti Pendidikan Bela Negara

images(33)

Cilacap, 17/11 (Beritajateng.net) – Sekitar 200 pelajar dari sejumlah sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan mengikuti pendidikan bela negara yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Kegiatan ini digelar hingga hari Selasa (18/11) di Kesatrian Amirul Isnaini Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cilacap,” kata Kepala Bakesbangpol Cilacap Imam Yudianto, di Cilacap, Senin.

Menurut dia, kegiatan tersebut ditujukan menumbuhkan semangat bela negara, cinta Tanah Air, dan meningkatkan kedisiplinan di kalangan pelajar SMA/SMK.

Ia mengakui bahwa tingkat kedisiplinan dan rasa nasionalisme di kalangan pelajar mengalami penurunan.

“Kedisiplinan semakin rendah karena di sekolah tidak ada pelajaran semacam itu (pendidikan bela negara). Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa mengawali tumbuhnya rasa nasionalisme dan kedisiplinan para siswa,” katanya.

Ia mengharapkan para pelajar yang telah mendapatkan pendidikan bela negara dapat menjadi pelopor bagi rekan-rekannya yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.

“Minimal bisa menjadi petugas pengibar bendera dengan baik dan memiliki disiplin tinggi,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa materi yang diberikan dalam kegiatan pendidikan bela negara di antaranya wawasan kebangsaan, peraturan baris-berbaris, dan kerja sama kelompok.

Menurut dia, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan metode “outbound” atau luar ruangan dengan instruktur dari Pusat Pendidikan Kopassus Kesatrian Amirul Isnaini, Cilacap.(ant/pj)