Home Hukum dan Kriminal Ratusan Liter Miras Tuwak Oplosan Diamankan Polisi 

Ratusan Liter Miras Tuwak Oplosan Diamankan Polisi 

Miras jenis Tuwak yang berhasil di amankan Polisi Jepara
Miras jenis Tuwak yang berhasil di amankan Polisi Jepara
Miras jenis Tuwak yang berhasil di amankan Polisi Jepara

Jepara, 3/7 (BeritaJateng.net) – Ratusan liter minuman keras jenis tuwak oplosan berhasil diamankan oleh jajaran Polsek Bangsri. Tuwak oplosan tersebut diamankan petugas dari rumah Nuryoso(35) seorang warga Desa Guyangan, Bangsri, akhir Juni lalu.

Miras jenis Tuwak itu disimpan dalam 4 gentong plastik air di belakang rumah. Kapolsek Bangsri AKP Rismanto mengatakan, penyitaan tuwak oplosan berawal dari informasi masyarakat.

“Awalnya dari pengakuan penjual itu adalah minuman segar yang didapat dari Tuban, namun jika dilihat dari warna yang keruh dan bau yang sangat menyengat minuman ini sepertinya tidak wajar,” ungkap Rismanto.

Dari empat gentong plastik berisi 450 liter tuwak yang masih dalam proses fermentasi. Dari hasil uji laboratorium Dinas Kesehatan Jepara dan Badan POM Semarang, minuman tuwak murni mengandung etanol (alkohol) 3,16% , sedangkan tuwak oplosan memiliki kadar etanol lebih tinggi yakni 6,38%.

“Yang jelas jika minuman ini dikonsumsi pasti akan memabukkan karena kadar alkoholnya lumayan tinggi,” tutur Rismanto.

Lebih lanjut Rismanto mengatakan, sesuai dengan Perda Nomor 4 Tahun 2001 dan Perda No 2 Tahun 2013, Nuryoso selaku penjual melakukan pelanggaran tentang larangan minuman beralkohol. Pelaku dikenai tindak pidana ringan (tipiring) dengan ancaman kurungan 4 bulan dan denda hingga Rp 50 jt.

“Pelaku kami kenakan tipiring dan sesuai acuan perda, dia terancam kurungan minimal 4 bulan dan denda paling banyak 50 juta,” pungkasnya. (Bj18)