Home Ekbis Railbus Siap Penuhi Kebutuhan Transportasi Solo-Wonogiri

Railbus Siap Penuhi Kebutuhan Transportasi Solo-Wonogiri

foto : ist/BeritaJateng.net
foto : ist/BeritaJateng.net
foto : ist/BeritaJateng.net

Solo, 9/3 (BeritaJateng.net) – Railbus Batara Kresna yang mengambil rute Solo- Wonogiri pp rencananya akan dioperasikan kembali dan diresmikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Kota Solo hari Rabu (11/3/2015) besok.

Hal tersebut diungkapkan Yosca Herman Soedrajat Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota kepada wartawan.

Persiapan yang dilakukan seiring dengan dioperasikannya kembali Railbus Batara Kresna, diantaranya dengan mempersiapkan penjaga perlintasan kereta api. Setidaknya ada sembilan perlintasan kereta api yang dilalui railbus Batara Kresna di Kota Solo belum berpalang pintu.

Diantaranyan perlintasan di Brengosan, rel bengkong, perempatan Gendengan, Sriwedari, Ngapeman, Pasar Pon, kawasan Gladak, Sangkrah dan Sampangan.

“Dari sembilan perlintasan tersebut, hanya dua perlintasan yang akan dijaga petugas, yakni di perlintasan Brengosan dan Sampangan,” jelasnya di Solo Jawa Tengah.

Sedangkan sisanya lanjut Yosca perlintasan lainnya seperti perlintasan di Jl Slamet Riyadi akan dibantu dengan sistem Intelligent Transportation Systems (ITS) hanya mengatur traffic light melalui Intelligent Transport System (ITS). Sehingga saat kereta melintas, traffic light di sisi selatan dan utara merah (berhenti).

Sementara ini akan menyiapkan empat penjaga perlintasan kereta api tanpa palang yang akan membantu beroprasinya kembali railbus Batara Kresna yang sudah dikirim belajar di Inka (Indrustri Kereta Api) yang disiapkan untuk menjaga perlintasan tanpa pintu selama dua minggu.

Pihak Dishub juga akan memasang rambu peringatan di sepanjang jalur rel kereta api. Karena hanya di kota Solo yang jalur kereta apinya melewati jalan utama dalam kota.

“Terlebih lagi jalur relnya sejajar dengan Jl. Slamet Riyadi, sehingga pengguna jalan harus lebih berhati-hati,” pesan Yosca.

Untuk awal pengoprasiannya railbus Batara Krisna yang melayani rute Solo-Wonogiri hanya akan beroprasi sekali pulang pergi (PP) dalam sehari. Tarifnya sebesar Rp. 4000 sekali jalan. (BJ24).