Home Hukum dan Kriminal Putusan Sengketa Adjudikasi Hanura VS KPU Blora Ditunda

Putusan Sengketa Adjudikasi Hanura VS KPU Blora Ditunda

1907
Putusan Sengketa Adjudikasi Hanura VS KPU Blora Ditunda
       BLORA, 30/8 (BeritaJateng.net)  Putusan sengketa pemilhan umum (pemilu) yang diajukan oleh Partai Hanura atas putusan KPU Blora yang harusnya dijadwalkan rabu kemarin ditunda.rencananya putusan adjudikasi baru dilakukan pada Senin (3/9/2018).
      Anggota Bawaslu Blora Sugie Rusyono mengatakan, putusan pada 3 September bukanlah ditunda. Karena ini memang sudah disepakti di sidang ajudiaksi terakhir pada Rabu (29/8/2018) kemarin.
       “Semua pihak dalam hal ini Hanura dan KPU Blora menyepakati dan.  dijadwalkan Senin besok”, ujar sugie.
       Sampai saat ini putusan masih belum mengarah disalah satu pihak. Karena menurutnya dari bukti-bukti yang telah diajukan oleh kedua belah pihak sampai saat ini masih dikaji. ‘’Masih pembahasan di majelis hakim,’’ ujarnya.
      Sampai masa putusan dilakuan, pihaknya masih belum bisa melihat kemungkinan – kemungkinan dari putusan sidang nanti. Sebab berdasarkan bukti-bukti yang diajukan di sidang kedua belah pihak masih sama. ‘’Bukti keduanya kuat,’’ jelasnya.
        Kisruh partai Hanura dengan KPU Blora bermula dari dicoretnya bacaleg Hanura bernama warsit oleh KPU dari DCS. Warsit dicoret lantaran yang bersangkutan merupakan napi mantan korupsi.
      Atas putusan tersebut Hanura menilai, KPU telah melakukan diskriminasi kepada Warsit, karena KPU Blora telah melanggar UU 1945 bahwa semua warga negara berhak mendapatkan hak yang sama.
       Selain itu juga menurutnya dengan penetapan TMS Warsit berarti KPU tekah melanggar putusan MK nomor/PUU-XIII/2015 yang menegaskan bahwa mantan napi korupsi yang ingin mecalonkan diri menjadi kepala daerah cukup mengumumkan kepada publik bahwa dirinya adalah mantan napi korupsi.
(MN/El)