Home Headline Pura-pura Jual Stiker, Lek Parto Gasak Puluhan HP

Pura-pura Jual Stiker, Lek Parto Gasak Puluhan HP

Kapolsek Banyumanik menujukan tersangka dan barang bukti. Foto/Bj04

Semarang,22/1 (Beritajateng.net) –Aparat Polsek Banyumanik berhasil meringkus seorang pencuri spesialis telepon genggam yang berkedok menjual stiker di wilayah Banyumanik dan Tembalang Semarang.

Pelaku yang berhasil dibekuk, adalah Parto Legowo (49) atau yang akrap disapa Lek Parto itu ditangkap tak lama setelah berhasil memperdaya salah seorang kobannya di rumah kos jalan Tirto Husodo Barat No 31, RT 2 RW 3, Padalangan, Banyumanik, Semarang, pada Sabtu (17/1).

Pelaku mengaku sudah hampir setahun mencuri di beberapa tempat dengan modus yang sama. “Dari tahun 2014, saya beraksi sendirian, uangnya untuk kebutuhan sehari-hari, ” katanya.

Dikatakan, modus yang dilakukan adalah dengan menawarkan stiker berlambang garuda kepada warga atau penghuni kos. “Saya berpura-pura nawari stiker, kalau tidak ada penghuninya ya saya ambil barang-barangnya yang ada didalam,”katanya.

Kapolsek Banyumanik Kompol Kristianto mengatakan, pelaku sudah 10 kali menjalankan aksinya di berbagai tempat sepanjang tahun 2014 hingga 2015. “Modusnya berpura-pura menjual stiker dukungan untuk Timnas Indonesia. Setelah korbannya lengah, ia mengambil ponsel milik korban, ” jelasnya.

Barang bukti berupa satu buah ponsel hasil curian, merek Samsung Galaxy Core 2 warna putih, satu unit sepeda motor Yamaha Mio tahun 2013 bernopol H 4451 AHG yang digunakan pelaku, dan empat buah stiker dukungan timnas berhasil diamankan dari tangan pelaku.

Pelaku juga dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidanan maksimal Tujuh tahun kurungan Penjara.(BJ04)