Home News Update Puluhan Siswa SMP Terbuka Tak Ikuti UN

Puluhan Siswa SMP Terbuka Tak Ikuti UN

image

Kendal, 4/5 (Beritajateng.net) – Puluhan  siswa tingkat SMP sederajat sebagai peserta ujian nasional tahun 2015 ini absen (tidak hadir-RED) mengikuti UN yang berlangsung mulai, Senin (4/5). Kebanyakan siswa-siswi peserta UN yang tidak hadir yakni dari SMP Terbuka.

Kepala Dinas Pendidikan Kendal Muryono mengatakan ketidakhadiran peserta UN yang kebanyakan dari SMP terbuka tersebut ada beberapa faktor dan kendala. Diantaranya, jarak tempuh serta kesadaran siswa untuk mengikuti ujian kurang. Selain itu, ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah, jelang UN dilaksanakan.

“Jauh hari sosialisasi dan pemberian bekal saat latihan ujian sudah diberikan kepada mereka. Berkenaan kesadaran dan kemauan yang rendah menjadikan mereka tidak hadir dalam mengikuti UN tahun ini,” ujarnya.

Dijelaskan, ada sebanyak 25 peserta yang absen tidak mengikuti UN. Dengan rincian 22 siswa dari SMP Terbuka, 2 siswa keluar, dan 1 siswa meninggal dunia jauh sebelum ujian dilakukan.“Untuk siswa yang keluar dan siswa yang telah meninggal dunia tersebut, jauh sebelum akan dilaksanakan ujian. Jadi, memang sudah ada pemberitahuan awal sebelumnya,” terang Muryono.

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti ujian nasional untuk tingkat SMP sederajat sesuai dengan data awal ada sebanyak 15. 330 peserta UN mulai SMP, MTs, SMP Terbuka dan SMLB yang mengikuti ujian tahun ini.“Berdasarkan rincian peserta UN untuk laki-laki sebanyak 7.507 siswa dan perempuan ada 7.823 siswi,” katanya.

Muryono menambahkan, jika ada tiga siswa peserta ujian yang melaksanakan ujian di rumah sakit karena sedang sakit. Yakni dua siswa dari SMP 2 Kendal dan satu siswa dari SMP Islam Terpadu di Kecamatan Limbangan.“Dari target semula 100 persen kelulusan siswa dalam mengikuti Unas tahun ini, setidaknya 98 persen siswa lulus ujian nasional,” imbuh Muryono. (BJ19)