Home News Update Puluhan Siswa Pingsan Saat Upacara 17 Agustus

Puluhan Siswa Pingsan Saat Upacara 17 Agustus

Puluhan siswa mendapatkan perawatan setelah pingsan saat mengikuti upacara 17 Agustus

KARANGANYAR, 17/8 (BeritaJateng.net) – Puluhan siswa peserta upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71 pingsan saat mengikuti upacara detik-detik Proklamasi HUT RI ke-71 di alun-alun Karanganyar, Rabu (17/8/2016).

Teriknya matahari dan terlalu lama dalam posisi berdiri membuat peserta upacara peringatan HUT RI ke 71 yang diikuti oleh ratusan siswa, ormas, pegawai Pemda dan TNI Polri banyak yang mengalami dehidrasi dan puluhan siswa pingsan.

Ratusan personil Kepolisian Resor Karanganyar Polda Jateng melaksanakan pengamanan upacara. Salah satunya dengan menerjunkan tim medis dari Polres Karanganyar yang salah satunya digawangi oleh Bripda Nur Indah.

“Kebanyakan peserta upacara yang pingsan adalah pelajar. Penyebabnya adalah terik matahari dan berdiri lama,” jelasnya Rabu (17/8/2016).

Siswa yang pingsan langsung mendapatkan pertolongan pertama oleh tim medis di dalam tenda PMI Karanganyar. Tidak banyak keluhan yang berbahaya hanya pusing, mual. Bahkan kebanyakan siswa yang pingsan karena belum sarapan.

Terpisah ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karanganyar, Sugiarto mengatakan PMI menerjunkan sebanyak 100 orang relawan untuk membantu tim medis mengamankan pelaksanaan upacara di alun-alun Karanganyar.

“Tim relawan siaga untuk membantu peserta upacara yang pingsan,” lanjutnya.

Sementara itu upacara 17 Agustus tidak hanya dilaksanakan di laksanakan alun-alun atau sekolah saja. Namun juga bisa dilakukan di gunung Lawu.

Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini rutin dikunjungi ribuan masyarakat untuk kelakukan upacara 17 Agustus di puncak Lawu.

Menjaga keamanaan dan kenyamanan pendaki dan mengantisipasi keadaan darurat yang mungkin saja terjadi terhadap para pendaki yang sedang melakukan aktivitas di gunung Badan SAR Nasional (Basarnas) menurunkan personilnya dengan mendirikan posko merah putih di Lawu melalui Basarnas kantor SAR Solo. (Bj24).

Advertisements