Home Headline Puluhan Rumah Rusak Diterjang Banjir Lumpur

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Banjir Lumpur

Warga menunjukkan rumahnya yang terkena banjir lumpur
Warga menunjukkan rumahnya yang terkena banjir lumpur

Semarang, 5/3 (BeritaJateng.net) – Sedikitnya 14 rumah di wilayah Perumahan Puskopkar, Pudak Payung, Banyumanik Kota Semarang diterjang banjir lumpur.

Menurut Rasimin, salah seorang korban mengatakan, air bercampur lumpur menerjang rumah warga diakibatkan pondasi saluran air di perumahan model cluster Payung Sejati yang tepat di atas perumahan warga jebol akibat tidak kuat menahan banyaknya debit air yang melebihi kapasitas disaat hujan turun.

“Saluran air yang terdapat di perumahan Payung Sejati, saluran air yang ada di wilayah perumahan sehingga membludak dan tidak dapat menampung hingga berdampak pada 14 rumah warga,” ujarnya.

Ketinggian air bercampur lumpur yang masuk ke dalam rumah warga hingga mencapai 50 cm. Warga yang rumahnya terkena banjir lumpur untuk sementara waktu mengungsi ke rumah tetangga mereka. Warga di bantu BPBD Kota Semarang dan TNI membersihkan sisa-sisa lumpur yang masih memenuhi rumah warga.

Meski tidak mengalami kerusakan cukup parah namun perabotan rumah tangga milik warga dipastikan tidak bisa digunakan. Sementara itu pihak pengembang yang sudah mendatangi rumah warga berjanji akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak akibat banjir lumpur. (BJ15)