Home Lintas Jateng Puluhan Rumah di Banyumas Terendam Banjir

Puluhan Rumah di Banyumas Terendam Banjir

Banyumas, 28/9 (BeritaJateng.net) – Hujan deras yang terjadi sejak Selasa (27) siang menyebabkan air Sungai Lopasir di Desa Besuki, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas dan Sungai Bedagung meluap. Akibatnya puluhan rumah di Grumbul Karangturi, Desa Besuki dan Desa Cidora terendam banjir.

Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Heriyana Adi Chandra mengatakan, luapan air sungai mulai menggenangi jalan desa sekitar pukul 14.00 WIB dan selang satu jam kemudian, air mulai menggenangi pemukiman warga.

“Ketinggian air sudah mencapai 50 centimeter, beberapa warga ada yang memilih untuk mengungsi di Balai Desa Besuki, ada juga yang masih bertahan di rumah,” jelasnya kepada BeritaJateng.net.

Luapan air Sungai Lopasir ini menggenangi sekitar 30 rumah di Desa Besuki dan delapan rumah di Desa Cidora. Air yang menggenangi rumah warga di Desa Cidora berasal dari luapan air Sungai Bedagung.

Menurut Adi Chandra, personil Tagana sudah dikerahkan untuk membantu warga. Namun, jika hujan terus turun hingga malam hari, pihaknya mengkhawatirkan banjir akan terus meninggi. (BJ33)

Advertisements