Home Hukum dan Kriminal Puluhan Ribu Petasan Disita, Pembuat Jadi Tersangka

Puluhan Ribu Petasan Disita, Pembuat Jadi Tersangka

image

Cilacap, 24/6 (BeritaJateng.net) – Puluhan ribu petasan jenis leo dan cabe serta 3 kilogram bubuk mercon (black powde)  disita Satuan Reskrim Polres Cilacap. Satu orang pembuat petasan diamankan.
           
Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya melalui Kasat Reskrim AKP Agus Sulistyono mengungkapkan, barang bukti ini disita dari sejumlah pengecer seperti di Kecamatan Nusawungu, Bantarsari dan Kawunganten. Namun hanya satu orang yang sementara dijadikan sebagai tersangka. Dia adalah Zaenudin (60) yang merupakan warga Desa Danasri Kecamatan Nusawungu. “Barang bukti yang kita sita petasan cengis atau lombok sebanyak 19.700 buah dan jenis leo rakitan ada 760 buah. Bahan peledak bubuk petasanya ada 3 kilogram” kata Agus Sulistyono, Rabu (24/6).
           
Dikatakan Agus, bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri ini pihaknya memang tidak akan mentolelir siapapun yang memiliki dan menyimpan bahan peledak berupa bubuk mesiu atau mercon dan atau membunyikan petasan.  Dalam Undang-Undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang bunga api, maka warga yang melanggarnya terancam hukuman penjara minimal 12 tahun. Seperti halnya Zaenudin yang kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Cilacap.
           
Agus menambahkan, penyitaan petasan itu menjadi rangkaian Operasi Cipta Kondisi yang akan menyasar seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. “Kami terus melakukan razia ke beberapa titik yang selama ini diduga menjadi sentra pengedar atau bahkan produksi” ungkapnya.
           
Agus berharap agar warga masyarakat mematuhi aturan yang berlaku dan mengindahkan himbauan polisi. Sebab selain beresiko hukum, bermain atau membuat petasan mengancam keselamatan jiwa manusia dan bisa berakibat buruk pada lingkungan serta menjadi gangguan kamtibmas.  (BJ33)