Home DPRD Kota Semarang Puluhan Hektar Sawah Rusak, Terendam Banjir

Puluhan Hektar Sawah Rusak, Terendam Banjir

Tanggul Jebol Sebabkan Terendamnya Puluhan Hektar Sawah

Semarang, 29/01 (Beritajateng.net) – Tanggul jebol di Kawasan Mangkang Kulon, menyebabkan air dari Kali Plumbon masuk k areal persawahan. Hal ini menyebabkan puluhan hektar sawah rusak akibat tergenang banjir. Padahal tanpa banjir pun kondisi sawah di kawasan ini sudah sangat memprihatinkan. Abrasi yang terjadi membuat air laut masuk ke persawahan sehingga merusak tanaman padi.

Puluhan Hektar Sawah Rusak, Akibat Banjir
Puluhan Hektar Sawah Rusak, Akibat Banjir

Aslori dan puluhan warga Mangkang Kulon kembali harus menerima kondisi menyedihkan sawah yang mereka garap. Akibat air Kali Plumbon yang memasuki areal persawahan mereka, membuat tanaman Padi rusak dan kondisi sawah semakin memburuk.
Menurut Aslori, beberapa saat lalu tanggul Kali Plumbon jebol karena diterjang arus deras.Akibatnya air memasuki kawasan pemukiman, jalan dan areal persawahan. Hal inilah yang menyebabkan sekitar 50 hektar sawah rusak, padahal abrasi yang terjadi di bibir pantai juga menyebabkan kerusakan pada persawahan dengan masuknya air asin ke persawahan tersebut.”Kalau banjir ya tambah rusak mas, soalnya abrasi juga sudah menyumbang permasalahan. Air laut masuk ke persawahan, ini menyebabkan padi rusak, sekarang musim hujan ditambah banjir. Jadi ya semakin sulit saja kondisinya,” terang Aslori.
Aslori dan warga lainya, heran dengan kondisi seperti ini. Setiap tahun selalu saja mereka terkena dampak banjir akibat luapan Kali Plumbon. Mereka mempertanyakan kepedulian pemerintah yang bertanggung jawab akan kondisi Kali Plumbon. Mereka berharap normalisasi atau pengerukan akan segera dilaksanakan.(BJ/NG)

Advertisements