Home Headline Puluhan APK Ilegal Ditertibkan Petugas Gabungan Panwaslu Blora

Puluhan APK Ilegal Ditertibkan Petugas Gabungan Panwaslu Blora

Puluhan APK Ilegal Ditertibkan Petugas Gabungan Panwaslu Blora
        BLORA, 26/2 (BeritaJateng.net) – Sejumlah alat peraga kampanye (APK)ilegal pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng di sejumlah sudut kota Blora diturunkan oleh petugas gabungan dari panwaslu kabupaten Blora bersama satpol PP Blora. Sedikitnya 10 APK di sembilan titik diturunkan paksa petugas gabungan, Senin siang (26/2/2018).
        Ketua Panwaskab Blora Lulus Mariyonan mengatakan bahwa penertiban selain di Blora Kota juga dilakukan oleh Panwas Kecamatan.  “Fokusnya pada APK Pilgub saja, jadi yang bergambar masing-masing pasangan calon,” ujarnya.
        Menurutnya APK yang saat ini terpasang adalah melanggar ketentuan PKPU Nomor 4 tahun 2017 dan Perbawaslu No 12 tahun 2017 dan SK Bupati Blora nomor 273/128/2018 Tentang Penetapan Lokasi Kampanye dan Lokasi yang dilarang untuk pemasangan alat  peraga kampanye pada Pilgub 2018.
        APK yang ditertibkan ada di 9 titik, Kawasan Alun-alun, Tugu Pancasila, Simpang tiga Kejaksaan, Taman Sarbini, Simpang Empat Karangjati, Pasar Besar Blora, Taman Bangkle, Depan Astra Motor dan Depan SPBU gabus Blora.
         “Hasilnya ada 10 APK yang ditertibkan,  dalam bentuk spanduk dan hanya ada satu baliho besar,” ungkapnya.
       Dari hasil yang didapat APK pasangan Ganjar-T Jasin ada 6 buah sedangkan Sudirma-Ida ada 4 buah. Hasil dari penertiban tersebut saat ini disimpan di Kantor Panwaskab Blora.
        Selain itu penertiban juga dilakukan di seluruh kecamatan, untuk hasilnya memang belum dilaporkan.
        Terkait dengan maraknya APK Pemilu serentak yang terpasang, lulus mengaku akan  mengundang pimpinan parpol untuk mensosialiasikan akan aturan dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2019.  “Kita tunggu nanti juga akan ditertibkan untuk APK pileg,” terangnya.
(MN/El)