Home Headline PT Sun Motor dan Hotel New Metro Digugat Puluhan Miliar, Ini Penyebabnya

PT Sun Motor dan Hotel New Metro Digugat Puluhan Miliar, Ini Penyebabnya

image
Sidang gugatan hak siar

Semarang 7/4 (Beritajateng.net)- 
PT.Inter Sport Marketing menggugat dua pelanggar hak siar penayangan sepak bola piala dunia yakni, PT Sun Motor dan Hotel New metro di Pengadilan Negeri Semarang, Selasa (7/4).

Dalam sidang gugatan yang dipimpin ketua hakim Pujo unggul mengatakan pihak ISM yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Adi Susanto dan Wahyu Priayanka Nata Permana menyatakan bahwa pihaknya merasa dirugikan dengan perbuatan dua tergugat karena menayangkan siaran sepak bola piala dunia tanpa mengajukan ijin terlebih dahulu.

“Dua perusahaan diketahui memanfaatkan hak siar. Mereka memanfaatkan siaran piala dunia untuk kepentingan komersil, tapi tidak punya lisensi. Harusnya kalau untuk kepentingan komersil harus bayar,”katanya. 

Adi menambahkan kalau gugatan untuk PT. Sun Motor telah diajukan dan dimulai hari ini. Secara financial bahwa secara lisensi pihaknya dirugikan sebesar RP. 7 miliar. Sementara untuk teknisnya, mencapai Rp. 14 miliar sehingga total kerugian menjadi Rp. 21 miliar.

“Pihak Sun Motor sebelumnya sudah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka lewat media massa, namun karena kesepakatan untuk ganti rugi kami belum terpenuhi. Maka mau tidak mau kami lanjutkan ke proses peradilan baik secara perdata maupun secara pidana. Nilai kerugian kami untuk Sun Motor mencapai Rp. 21 miliar. Tadi hakim menjelaskan bahwa selama seminggu setelah kami gugat, diharapkan ada itikad baik dari tergugat untuk menyepakati perdamaian dengan dasar ganti rugi kami bisa diakomodasi. Terkait besar kecilnya penggantian itu tergantung perusahaan nanti yang rembugan, kami hanya memfasilitasi saja. Kalau tidak sepakat, ya berarti sidang akan dilanjutkan dengan agenda jawaban dari pihak tergugat. Kami sudah menyiapkan semua bukti untuk maju di persidangan,” pungkas Adi usai sidang.

Sementara itu, Wahyu menambahkan bahwa kerugian yang diderita kliennya terhadap Hotel New Metro mencapai Rp. 33,225 miliar. Dia merincikan kerugian meliputi Rp. 3,225 miliar utuk kerugian materiil dan Rp. 30 miliar untuk kerugian imateriil.
Wahyu menerangkan bahwa sebelumnya sudah melakukan proses somasi dan mediasi.namun, lanjutnya, karena tidak ada kesepakatan damai maka proses persidangan harus ditempuh pihaknya.

“Yang jelas kami sudah mengupayakan untuk mediasi. Terkait belum ketemu perdamaian ya itu perkara lain. Ini kami telah menempuh upaya hukum dan pihak tergugat telah memberikan jawaban atas gugatan kami. Kami akan pelajari dulu isi jawabannya, setelah itu kami akan ajukan tanggapan pada sidang berikutnya,”katanya (bj04)