Home Lintas Jateng PT Pos Kudus Targetkan Distribusi Buku Kurikulum Selesai Pekan Ini

PT Pos Kudus Targetkan Distribusi Buku Kurikulum Selesai Pekan Ini

PT Pos Indonesia
PT Pos Indonesia
PT Pos Indonesia

Kudus, 18/11 (Beritajateng.net) – PT Pos Indonesia Cabang Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pendistribusian buku kurikulum 2013 yang terakhir ke sejumlah sekolah tingkat SMP dan SMA atau sederajat di daerah setempat selesai pekan ini.
“Berdasarkan keterangan dari perusahaan yang mencetak buku kurikulum untuk Kabupaten Kudus pengiriman paket buku kurikulum yang diterima pada 13 November 2014 merupakan yang terakhir,” kata Supervisor Pengolahan Kantor Pos Pemeriksa Kudus Budi Santoso di Kudus, Selasa.
Adapun total buku yang diterima sesuai surat jalan sebanyak 34.539 eksemplar dengan berat mencapai 11.486 kilogram.
Puluhan ribu eksemplar buku kurikulum 2013 tersebut dikemas menjadi 424 dos dengan jumlah masing-masing dos bervariasi.
Buku kurikulum yang diterima tersebut, kata dia, meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, Prakarya, Sejarah, dan IPA.
Paket buku kurikulum yang dikirim oleh PT JePe Press Media Utama Surabaya itu, kata dia, untuk kelas VII, VIII, X, dan XI.
Total sekolah di Kabupaten Kudus yang mendapatkan buku paket tersebut, kata dia, sebanyak 43 SMA/SMK dan 50 SMP dan sederajat.
Sekolah yang masih kekurangan menerima buku paket tersebut atau ada yang mengalami kerusakan, katanya, bisa meminta tambahan atau pengganti ke perusahaan terkait.
Ia memperkirakan pengiriman buku kurikulum dari perusahaan percetakan selama ini tercatat sudah enam kali dengan jumlah buku bervariasi.
“Kami tidak bisa memastikan jumlah totalnya, mengingat kebutuhan masing-masing sekolah berbeda-beda,” ujarnya.
Pasalnya, lanjut dia, PT Pos Indonesia hanya menerima buku tersebut, kemudian diminta untuk mendistribusikan kepada sekolah sesuai data yang terdapat dalam lampiran.
Ia mencontohkan, jumlah buku mata pelajaran yang dibutuhkan sekolah tingkat SMP mencapai 18 mata pelajaran, sedangkan SMA sebanyak 16 mata pelajaran.
Berdasarkan keterangan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kudus dijelaskan bahwa sesuai rencana jumlah buku kurikulum terbaru yang diterima sekitar 95 ton buku.(ant/pj)