Home Lintas Jateng PT Pos Kudus Jadwalkan Pembayaran Dana PSKS

PT Pos Kudus Jadwalkan Pembayaran Dana PSKS

PT Pos PSKS
ilustrasi

Kudus, 25/11 (BeritaJateng.Net) – PT Pos Cabang Kudus, Jawa Tengah, menjadwalkan pembayaran dana bantuan pengalihan subsidi kenaikan harga bahan bakar minyak melalui program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) guna menghindari antrean panjang di loket pembayaran.

“Saat ini jadwal pembayaran dana bantuan pemerintah tersebut sudah dibuat. Akan tetapi, lokasi pembagiannya dimungkinkan bisa berubah,” kata Kepala PT Pos Cabang Kudus Rusdi Hendra Sanjaya di Kudus, Selasa (25/11).

Pasalnya, kata dia, nantinya ada pembayaran yang harus dilakukan di kantor balai desa atau di kantor pos unit dengan menyesuaikan ketersediaan halaman yang luas untuk menampung antrean warga yang hendak mencairkan dana bantuan tersebut.

Terkait penjadwalan tersebut, kata dia, dikoordinasikan pula dengan sejumlah pihak terkait, termasuk dengan Pemkab Kudus, kepala desa serta camat.

Untuk mengurai antrean panjang dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kata dia, pencairan untuk masing-masing penerima dana bantuan dijadwalkan berdasarkan hari dan jam.

“Artinya, warga dari satu desa yang sama memungkinkan waktu pencairannya berbeda,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, loket pencairan untuk masing-masing warga juga sudah ditentukan agar tidak terjadi antrean panjang.

Sebetulnya, kata dia, pembayaran dana PSKS bisa dimulai Kamis (20/11), namun karena banyak hal yang harus dipersiapkan akhirnya baru dimulai Rabu (26/11) untuk Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Pencairan dana kompensasi BBM di desa setempat, dilayani di kantor balai desa setempat karena memiliki halaman yang lebih luas dibanding dengan halaman kantor pos unit setempat.

“Kami juga melibatkan personel keamanan dari Polres dan TNI serta Linmas untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Adapun total penerima dana PSKS di Kabupaten Kudus tercatat sebanyak 36.316 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di sembilan kecamatan.

Untuk Kecamatan Kota tercatat sebanyak 1.968 RTS, Kecamatan Bae sebanyak 1.808 RTS, Kecamatan Dawe sebanyak 7.206 RTS, Kecamatan Gebog sebanyak 4.541 RTS, dan Kecamatan Kaliwungu 4.580 RTS.

Kecamatan Jati sebanyak 3.490 RTS, Kecamatan Undaan 4.602 RTS, Kecamatan Mejobo 3.061 RTS dan Kecamatan Jekulo sebanyak 5.060 RTS.

Pembayaran dana kompensasi BBM nantinya, kata dia, masing-masing RTS menerima dana sebesar Rp400 ribu untuk jatah bulan November dan Desember 2014.

Adapun syarat pencairannya, yakni harus membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang disertai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jika tidak bisa menunjukkan persyaratan tersebut, silakan membawa kartu identitas diri serta surat kehilangan,” ujarnya.

Bagi warga yang belum sempat mencairkan dana PSKS tersebut sesuai jadwal, kata dia, bisa dicairkan di kantor pos kecamatan ditunggu hingga tanggal 12 Desember 2014. (ant/pri)