Home Lintas Jateng PT KAI Giatkan Perbaikan Perbaikan Gerbong dan Bogie Kereta Jelang Mudik Lebaran

PT KAI Giatkan Perbaikan Perbaikan Gerbong dan Bogie Kereta Jelang Mudik Lebaran

Semarang, 16/6 (BeritaJateng.net) – Menghadapi arus mudik lebaran, PT KAI Daop IV Semarang melakukan perbaikan beberapa gerbong kereta api. Kegiatan yang berlangsung di depo kereta Semarang Poncol tersebut dengan melakukan perawatan Bogie yang merupakan sistem kesatuan roda pada Kereta Api.
buy orlistat online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/orlistat.html no prescription

“Jadi kegiatan dua perangkat roda atau lebih yang digabungkan oleh rangka yang dilengkapi dengan sistem pemegasan, pengereman, dengan atau tanpa peralatan penggerak dan anti selip, serta keseluruhan berfungsi sebagai pendukung rangka dasar dari badan kereta,” ungkap Humas Daops IV Gatut Sutiyatmoko.

Ditempat ini, ungkapnya, ada beberapa bagian yang diperbaiki dan yang sering habis adalah pada bagian rem selain itu juga dilakukan perawatan saluran kelistrikan agar selama angkutan lebaran tidak mengalami troubel dan kondisinya menjadi handal.

“Setelah dilakukan perawatan dan perbaikan kemudian akan dilakukan perawatan untuk kaca dan kursi setelah perawatan eksteriornya selesai baru menginjak pemeliharaan lainnya seperti toilet,” lanjutnya.

Untuk perawatan itu sendiri, akunya dilakukan selama dua mingu untuk dua kereta, tetapi apabila kerusakannya parah maka perbaikannya akan dilakukan di Balai Yasa Tegal dan saat ini ditempat tersebut terdapat 6 kereta yang masih menjalani perawatan dan diprogramkan seminggu sebelum angkutan masa lebaran bisa selesai.

“Memang untuk perawatan kereta apabila terjadi kerusakan ringan bisa dilakukan di depo kereta Semarang Poncol, tetapi apabila kerusakanya parah maka dilakukan di Balai Yasa Tegal,” akunya.
buy grifulvin online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/grifulvin.html no prescription

Gatut mengaku pada persiapan lebaran tahun ini terdapat 45 kereta khusus dalam kondisi siap operasi (SO) ditambah dengan gerbong serta beberapa kereta dalam perawatan.
buy elavil online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/elavil.html no prescription

Sedangkan untuk Loko penolong dari Daops IV terdapat satu kereta penolong.

“Kereta penolong itu ada satu dan masing-masing depo mempunyai kereta penolong yang ada di Depo Semarang Tawang, seta Tegal hal itu untuk mengantisipasi apabila ada gangguan lokomotif bisa langsung diperbantukan,” paparnya.

Terkait dengan hilangnya pengait bantalan rel Kereta Api, Gatut mengaku setiap hari petugas selalu mengontrol hal tersebut, dan dilakukan dua kali yakni pada pagi hari dan malam hari.

“Ada dua petugas yang selalu menyusuri dan melakukan pemeriksaan rel sehingga apabila ada pengait bantalan rel yang hilang atau lepas maka akan diganti langsung,” katanya. (Bj05)