Home Nasional PSSI Pantau Pemain Berbakat di Malut

PSSI Pantau Pemain Berbakat di Malut

PSSI
PSSI

Ternate, 30/1 (Beritajateng.net) – PSSI menurunkan tim ke Maluku Utara (Malut) untuk memantau pembinaan bibit muda sepak bola di provinsi itu sekaligus menjaring pemain berbakat untuk masuk tim nasional.

Direktur Teknik PSSI Pieter Huestra di Ternate, Malut, Jumat, mengatakan bahwa Maluku Utara memiliki talenta di bidang olahraga sepak bola dan terbukti banyak pemain timnas PSSI yang terlahir dari pembinaan usia dini di daerah ini.

Menurut dia, ada enam provinsi di Indonesia yang akan dijadikan pusat pembinaan kompetisi usia muda dan Malut berkesempatan mempersiapkan bibit-bibit muda potensial untuk dibina. Tidak tertutup kemungkinan para pemain ini menjadi harapan bagi Indonesia di dunia sepak bola.

Ia mengatakan, dengan menggelar berbagai kompetisi maka akan menghadirkan pemain-pemain muda yang berkualitas.

Oleh karena itu, kehadiran tim PSSI ke Malut, terutama di Kota Ternate, bisa terus menyosialisasikan pentingnya pembinaan usia dini. Hal ini sangat dibutuhkan timnas PSSI di masa mendatang untuk melahirkan pemain-pemain terbaiknya.

“Dengan mengelar kompetisi secara kontinyu, maka bagi pemain usia muda dan juga mendukung pembentukan Sekolah Sepak Bola (SSB), tentunya itu bisa melahirkan pemain berbakat,” katanya.

Sejumlah pemain timnas asal Ternate seperti Ilham Udin Armaiyn, Mahdi Albaar, Zulham Zamrun dan lainnya, merupakan bukti kalau daerah ini memiliki segudang pemain sepak bola berbakat.

Untuk itu, dirinya mengakui, kalau tidak ada pembinaan dan kompetisi secara rutin di Malut, tentunya tidak bisa melahirkan pemain-pemain sepak bola terbaik yang bisa disumbangkan untuk timnas PSSI.

Sementara itu, Exco Asprov PSSI Malut, Asgar Saleh ketika dikonfirmasi menyatakan, Kota Ternate dan daerah lainnya di Malut memiliki banyak pemain berbakat dan potensial, tetapi tidak bisa berkembang karena tidak ada pembinaan secara berkelanjutan.

Sehingga kehadiran tim PSSI untuk memantau persiapan tim usia dini bisa memutuskan bahwa Malut menjadi daerah yang dipilih untuk pengembangan usia dini.

Apalagi sudah terbukti banyak pemain potensial asal Malut di timnas U-15 dan U-17 yang bisa dibina untuk kepentingan dan kebutuhan timnas PSSI mendatang.(ant/Bj02)