Home Ekbis Proyek SPAM Semarang Barat Mulai Dikerjakan Hari Ini

Proyek SPAM Semarang Barat Mulai Dikerjakan Hari Ini

194
Proyek SPAM Semarang Barat

Semarang, 23/5 (BeritaJateng.net) – Pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Semarang barat akan mulai dikerjakan Kamis (23/5/2019) ini.

Hal tersebut dikatakan Pj Direktur Utama PDAM Kota Semarang, Iswar Aminuddin usai Rapat Pemenuhan Pembiayaan Proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) SPAM Semarang Barat di kantor PDAM Kota Semarang.

Iswar menuturkan, sebelumnya pembangunan fisik SPAM Semarang Barat ditargetkan selama dua tahun. Namun, menurutnya, proyek ini bisa ditrgetkan selesai dalam kurun waktu 1,5 tahun.

“Kita berkomitmen untuk mempercepat pembangunannya selama 1,5 tahun supaya segera bisa dinikmati masyarakat,” kata Iswar.

Adapun SPAM Semarang Barat ini, sebut Iswar, nantinya akan mengakomodir kebutuhan air minum masyarakat di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Semarang Barat, Kecamatan Ngaliyan, kecamatan Tugu.

“Keberadaan SPAM Semarang Barat ini memberikan suatu semangat bahwa, Pemkot Semarang dibantu dengan pemerintah pusat memberikan manfaat atas proyek ini kepada masyarakat di tiga kecamatan itu,” ujarnya.

Dikatakannya, tiga kecamatan tersebut memang selalu mengalami krisis air bersih. Sehingga, kehadiran SPAM Semarang Barat nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

“Menurut kami bukan hanya masalah ekonomi saja, tapi air juga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi. Air adalah salah satu syarat bagi masyarakat untuk melangsungkan hidup. Sehingga pembangunan SPAM Semarang Barat harus kami percepat,” tegasnya.

Selain untuk mennyediakan kebutuhan air bersih, Iswar juga menambahkan, pembangunan SPAM Semarang Barat ini juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan air bawah tanah. Terkait demgan lahan, dia memastikan sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota.

”Lahan sudah beres semua. Dari PU kemarin sudah selesaiakan untuk pembebasan lahan,” katanya. (El)