Home Lintas Jateng Protes Banjir, Warga Tabur Lele dan Tanam Pohon Pisang

Protes Banjir, Warga Tabur Lele dan Tanam Pohon Pisang

image

SUKOHARJO, 26/4 (Beritajateng.net) – Puluhan warga di wilayah Makamhaji yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Makamhaji (FPMM) menaman pohon pisang dan menabur ikan lele di lokasi jalan underprass Makamhaji yang selalu tergenang air. Nampak warga melepas puluhan ikan lele di tengah genangan air, dan setelahnya mereka melakukan aksi masal dengan memancing ikan lele tersebut. 
Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes masyarakat sekitar underpas Makamhaji yang setiap hujan turun selalu kebanjiran sehingga jalan menjadi macet.

Koordinator aksi Forum Peduli Masyarakat Makamhaji (FPMM), Muhlis Joko Ahmadi menjelaskan Meskipun sudah dilakukan perbaikan, underpass Makamhaji masih tergenang banjr saat terjadi hujan lebat. “Aksi ini adalah bentuk kekesalan warga terhadap kinerja pemerintah daerah. Lihat saja itu akibat dibuat underpass malah menimbulkan masalah baru, banjir selalu terjadi jika hujan turun,” jelasnya Minggu (26/4/2015).

Sebelum dibangun underpass jelas Mukhlis, warga sudah menolak pembangunannya. Ada banyak masukan dari warga pasalnya di lokasi tersebut merupakan sumber air, namun semua diabaikan. Ada lima titik air di lokasi pembangunan undepass. 

“Selama ini mesin penyedot air nyala terus selama 24 jam, namun kenyataannya air tetap saja menggenang,” tegasnya.

Justru imbasnya sumur warga sekitar underpass Makamhaji kering jika musim kemarau karena airnya iky tersedot. Namun saat musim hujan  underpras ini banjir. 

Bahkan Mukhlis menyampaikan jika dampak pembangunan underpass Makamhaji  ini justru membuat perekonomian warga disekitar lokasi  di mana undepras tersebut dibangun menjadi kacau, karena sebelumnya mereka banyak yang berjualan di pinggir jalan. 

Dengan adanya aksi ini warga berharap pememrintah daerah khususnya segera memperbaiki dan menata ulang lokasi underpass. Agar tidak sering kebanjiran. Sebab warga harus memutar jaan karena lokasi undepass kebanjiran. Yang terjadi justru kemacetan semakin panjang. (BJ24)