Home Nasional Prosesi Siraman Gibran – Selvi Berlangsung Lancar

Prosesi Siraman Gibran – Selvi Berlangsung Lancar

Jual dawet di rumah SelviSolo, 10/6 (BeritaJateng.net) – Serangkaian ritual  jelang prosesi pernikahan Gibran Rakabumi Raka dan Selvi Ananda yang digelar dengan menggunakan adat Jawa mulai berlangsung di kediaman masing-masing di daerah Sumber, Solo Jawa Tengah. 

Rumah kediaman pribadi Jokowi juga menyelenggarakan acara siraman. Namun dilakukan secara tertutup. Hanya dihadiri tamu undangan khusus dan kerabat dekat saja. 

Sementara itu pantauan beritajateng dari kediaman Selvi yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari kediaman Jokowi juga sudah memulai  prosesi awal sebelum menggelar acara siraman. 

Diawali dengan  pemasangan bleketepe (anyaman dari janur)  di depan rumah Selvi yang dilakukan ayah kandung Selvi Ananda, Didiet Suprijadi Makna pemasangan bleketepe agar bisa menjadi atap bagi resepsi pernikahan sang pengantin. 

Setelah bleketepe dipasang dilanjutkan dengan pemasangan ‘Tuwuhan’. Yaitu memasang pohon pisang raja yang sudah matang dibawah bleketepe didepan pintu masuk rumah  Selvi.

Acara selanjutnya adalah prosesi siraman yang dilakukan oleh orang tua dan sesepuh keluarga berjumlah tujuh orang. Sedangkan air siraman yang akan digunakan diambil dari tujuh sumber air diantaranya berasal dari Masjid Agung, Ndalem Mloyosuman, Kraton Kasunanan, Kraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, Air Zam-Zam serta air dari rumah kediaman Selvi sendiri.

Setelah acara siraman dilanjutkan dengan pecah kendi oleh orang tua Selvi Ananda. Dan selanjutnya membagi Kreweng (tanah liat) yang diibaratkan uang untuk membeli dawet yang dijual orang tua Selvi. 

Tamu undangan yang mendapat kreweng tersebut antri membeli dawet yang dijual orang tua Selvi. 
Setelah dawet terjual habis, maka prosesi siraman kedua mempelai berakhir sudah. Dilanjutkan nanti malam acara midodareni dan seserahan. (BJ24)