Home Headline PPP tak Hadiri Rakor KMP

PPP tak Hadiri Rakor KMP

image

Semarang, 21/2 (Beritajateng.net) – Rapat koordinasi partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) Jawa Tengah untuk menghadapi pemilihan kepala daerah di provinsi setempat berlangsung tanpa kehadiran wakil dari Partai Persatuan Pembangunan.

Dalam rakor yang dilaksanakan di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Sabtu, tampak hadir pimpinan dan sejumlah pengurus Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, serta Partai Keadilan Sejahtera di tingkat provinsi.

Ketua DPD I Partai Golkar Jateng Wisnu Suhardono saat dikonfirmasi mengenai ketidakhadiran perwakilan PPP dalam Rakor KMP mengatakan bahwa pengurus partai berlambang Kakbah itu sudah diundang.

“Sudah diundang rakor, tetapi tidak hadir, mungkin lagi sibuk,” katanya.

Wisnu menjelaskan bahwa rakor itu bertujuan membahas langkah parpol-parpol yang tergabung dalam KMP untuk menyambut sejumlah agenda politik, salah satunya adalah pilkada serentak di Jateng pada akhir 2015.

“Selain itu, juga untuk menyatukan langkah koalisi, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota,” ujarnya.

Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristanto menambahkan bahwa Rakor KMP Jateng ini merupakan fondasi awal dan hasil dari komunikasi yang intens dari parpol satu koalisi.

Menurut dia, Rakor KMP itu membahas agenda dan tahapan koalisi menjelang pilkada serentak di Jateng.

“Koalisi Merah Putih membuka diri jika ada parpol lain akan bergabung, kemudian kami juga akan membentuk desk pilkada, mengundang tim-tim pilkada yang ada di kabupaten/kota, serta pemetaan kekuatan di masing-masing wilayah,” katanya.

Kendati demikian, Wahyu enggan menjawab dengan jelas saat ditanya mengenai berapa jumlah daerah yang menjadi target kemenangan KMP pada pilkada serentak di Jateng mendatang.

“Kami belum membahas hingga sejauh itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Samsurie belum dapat dikonfirmasi mengenai alasan ketidakhadiran PPP pada Rakor KMP tersebut.

Ke-21 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada tahun 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora.

Kemudian, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.(ant/bj02)