Home News Update PPP Jateng Bebaskan Anggotanya Hadiri Mukernas Kubu Djan Faridz

PPP Jateng Bebaskan Anggotanya Hadiri Mukernas Kubu Djan Faridz

image

Semarang, 9/12 (Beritajateng.net) – Ketua DPW PPP Jawa Tengah Masruhan Samsuri membebaskan kader partainya mengikuti Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang akan diselenggarakan oleh Kepengurusan Djan Faridz pada hari Rabu (10/12) esok di Hotel JSLuwansa Jakarta. Mukernas tersebut diklaim akan dihadiri oleh 90 persen Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) termasuk Jawa Tengah.

Namun demikian saat dihubungi wartawan, Selasa (9/12), politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Jateng ini menegaskan bahwasecara kelembagaan, DPW PPP Jateng tidak memberangkatkan utusan ke mukernas tersebut. Dirinya juga menegaskan bahwa tidak akan menghadiri acara itu. Sebab dalam waktu bersamaan Ketua DPP PPP yang saat ini kepengurusannya sudah disahkan oleh Kemenkumham, Romahurmuzy alias Romi akan hadir di Semarang. Kehadirannya dalam rangka memberi penjelasan atas status hukum dan kelegalan kepengurusannya yang diprakarsai oleh para kyai.

“Besok juga bersamaan dengan Mukernas, siapa yang mau datang silakan. Yang di Jakarta itu tidak undang cabang cabang, hanya pengurus tingkat wilayah saja. Karena itu mungkin dua-tiga orang aja yang berangkat. Yang berangkat saya belum tahu, karena itu pribadi, kelembagaan tidak ngirim,” ungkapnya.

Masruhan menegaskan, PPP Jawa Tengah meski secara kelembagaan tidak mengirim utusan ke Mukernas yang diadakan oleh kubu Djan Faridz, bukan berarti pihaknya menolak kepengurusan tersebut. Saat ini pihaknya masih menjaga wilayah yang sama dengan kedua kubu. Namun demikian saat ini PPP Jateng memilih merapat ke kubu Romi yang sudah mendapat legitimasi dari pemerintah.

“Ini keputusan para kyai. Para kyai mengakui kepengurusan Gus Romi sambil menunggu proses hukum gugatan yang dilakukan kubu Djan Faridz atas klaim kepemimpinan yang sah di PPP,” jelasnya.

Sementara, mantan Wakil Ketua DPW PPP Jateng Istajib mengatakan, PPP Jateng akan menghadiri Mukernas lantaran PPP Jateng sudah didasarkan pada nasehat ulama, dan setia pada keputusan Muktamar Jakarta. Namun istajib tak bisa memastikan siapa perwakilan dari Jateng yang akan menghadiri Mukernas lantaran hal tersebut menjadi wewenang dari DPW.

“Saya sekarang sudah menjadi pengurus di DPP sebagai salah satu Ketua. Namun ketua yang membidangi apa saya belum tahu lantaran SK yang akan diberikan besok malam. Kemarin sih yang mau datang katanya Pak Masruhan dengan Pak Sekretaris (Suryanto-red). Namun, siapa pun yang datang yang penting ada keterwakilan resmi dari DPW Jateng. Namun yang pasti datang katanya Pak Sekretaris, Pak Masruhan masih mengatur waktu,” ungkap mantan anggotaKomisi B DPRD Jateng itu.

Rencana kehadiran Ketua Majelis Syariah Maimun Zubair atau Mbah Maimun belum bisa dipastikan, lantaran pernyataan kesanggupan tersebut sudah beberapa hari lalu. Informasi itu didapatkan dari hasil kunjungan Djan Faridz saat menemui Mbah Maimun di kediamannya. “Mudah-mudahan Mbah Maimun sehat, kita doakan beliau sehat dan bisa rawuh” tutup Istajib.(nur/pj)