Home Headline PPDB Online, Orang Tua Siswa Kesulitan dan Pilih Datang ke Sekolah

PPDB Online, Orang Tua Siswa Kesulitan dan Pilih Datang ke Sekolah

303
Orang Tua Siswa Mengaku Kesulitan dengan PPDB Online.

BLORA, 30/6 (BeritaJateng.net) – Hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Blora, masih banyak orang tua siswa yang kesulitan daftar.

Dimasa kehidupan baru atau new normal PPDB, dilaksanakan secara online. Namun sistimnya tetap sama seperti tahun lalu yaitu Zonasi.

PPDB online dimasa pandemi corona ini dimaksutkan untuk menghindari kerumunan massa, namun kenyataanya orang tua siswa memilih tetap datamg ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya.

Menurutnya lebih mudah daftar lewat sekolah daripada melalui Hanphone atau perangkat lainya, walaupun syaratnya semua dokumen harus di scan dulu dan dimasukan ke flashdisck.

Mereka mengaku kesulitan jika mendaftarkan sendiri melalui online, namun ada juga sebagian orang tua yang bisa daftar melalui online dirumah ataupun di warnet.

“Sulit masuknya ke server, katanya file foto dokumen terlalu besar ukuranya, enak langsung datang ke sekolah, karena ada yang menuntun,” ucap Surtiyah salah satu orang tua siswa (Selasa, 30/6/2020).

Menurutnya, PPDP online ini menyulitkan orang tua, apalagi orang tua yang gagap teknologi (Gaptek), ditambah anaknya sendiri baru lulus Sekolah Dasar ( SD), terutama SD diluar Zona satu.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Blora Andreas Sutrasno sendiri juga mengakui, PPDB online ini memang agak sulit.

Adanya persyaratan dokumen yang harus di scan dulu, file yang kebanyakan terlalu besar, perubahan KK baru yang menyulitkan menentukan zona.

“Pertama menguplaoud banyak yang gagal, ada aplikasi yang kontenya tidak pas sehingga kita sendiri kalang kabut. Pembaca Kartu keluarga (KK) itu juga masih bingung menentukan yang baru dan yang lama, padahal itu untuk menentukan zonasi,” jelas Andreas.

Tapi, lanjut Andreas, sekarang sudah ada perbaikan. Namun para orang tua menurutnya masih tidak yakin kalau tidak datang ke Sekolah.

Untuk Tahun ini PPDB SMP Negeri 1 Blora, menerima 10 rumbel atau 320 siswa, terbagi Zonasi sebanyak 160 siswa, Afimasi 46, Perpindahan orang tua 16 dan Prestasi 96. Di hari kedua PPDB ini sudah terpenuhi semua. (Her/El)