Home Lintas Jateng Polusi Udara Dari Pabrik Triplek Dikeluhkan Warga

Polusi Udara Dari Pabrik Triplek Dikeluhkan Warga

image

KARANGANYAR, 10/4 (Beritajateng.net)- Sebuah pabrik triplek yang beroperasi di daerah Wonorejo, Gondangrejo, Karangangayar Jawa dikeluhkan sejumlah warga di sekitar lokasi pabrik. Pasalnya  polusi udara yang ditimbulkan akibat aktivitas produksi menganggu lingkungan sekitar.

Akibatnya limbah pabrik triplek yang berupa debu padat bila terhirup oleh manusia bisa menganggu jalannya pernafasan dan sangat membahayakan bagi kesehatan. Mendapat pengaduan dari masyarakat, DPRD Kabupaten Karanganyar melakukan sidak ke pabrik triplek tersebut. 

Suwarni salah satu anggota Komisi III DPRD Karanganyar yang ikut dalam rombongan tersebut mengungkapkan bahwa sidak yang dilakukan anggota dewan tersebut  berdasarkan aduan dari masyarakat bahwa  sistem pembuangan limbah udara milik pabrik triplek tersebut membuat polusi lingkungan sekitar pabrik.  

Dalam sidaknya ungkap Warni, Komisi III DPRD Karanganyar meminta  pihak manajemen pabrik  segera memperbaiki sistem pengolahan limbah pabrik miliknya seperti cerobong asap yang menimbulkan polusi debu yang bisa menganggu kesehatan warga sekitar. 

Hasil sidak yang dilakukan komisi III, pihak manajemen pabrik triplek mau membenahi sistem pembuangan limbah udara dengan membangun cerobong asapnya akan masuk ke dalam tidak dikeluarkan.    “Perusahaan bersedia membenahi limbahnya. Jika dikeluarkan mungkin lingkungan sekitar pabrik tidak terkena debunya. Tapi khan warga jauh yang terkena imbas limbah debu,” jelas Warni kepada beritajateng.net, Jumat (10/4/2015). 

Perusahaan trilplek tersebut  diberi tenggang waktu untuk melakukan perbaikan cerobong asap diarahkan ke dalam, tidak ke luar (atas). “Tadi sudah ditunjukkan penataan lokasi untuk limbahnya agar tidak mencemari udara sekitar, dan saat ini sedang dalam proses pembuatan,” pungkasnya. (BJ24)