Home Hukum dan Kriminal Polsek Kebumen Sita Ribuan Mercon Berdaya Ledak Tinggi

Polsek Kebumen Sita Ribuan Mercon Berdaya Ledak Tinggi

mercon sitaan

Kebumen, 4/7 (BeritaJateng.net) – Ribuan petasan alias mercon yang memiliki daya ledak tinggi disita oleh jajaran Polsek Kebumen. Mercon tersebut disita dari seorang pembuat Ahmad Suryani (37) warga Dukuh Bojong, Desa Sumberadi, Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Faizal, SIK, MH  melalui Kapolsek Kebumen AKP Yohanes Hari Pracoyo mengungkapkan, mercon yang disita sedikitnya 1.980 buah dengan ukuran jempol kaki orang dewasa, dan 125 mercon ukuran lengan orang dewasa.

Selain itu, lanjutnya, disita juga lima kilogram obat mercon, 30 selongsong mercon yang belum berisi obat, tiga lembar sumbu yang belum dilinting, 50 batang sumbu yang telah dilinting. Alat pembuat mercon berupa tiga buah obeng, benang kasur enam gulung, dua gunting, dua pensil modifikasi juga ikut diamankan untuk dijadikan barang bukti.

“Saat ini tersangka masih dimintai keterangan oleh penyidik,” ujar Yohanes Hari Pracoyo, Sabtu (4/7).

Sementara itu, dari pengakuan tersangka, obat mercon dibeli dari seorang warga Desa Bojongsari, Kecamatan Alian Kebumen seharga Rp 90.000/kg. Sedangkan selongsong mercon dikerjakan secara borongan. Untuk ukuran kecil Rp 60.000/1.000 selongsong, sedangkan untuk ukuran besar Rp 50.000/500 selongsong.

“Tersangka dijerat dengan Pasal 1 Undang-undang Darurat Nomo 12 Tahun 1951 dengan ancaman pidana 12 tahun kurungan,” tambah Yohanes Hari Pracoyo. (BJ33)