Home Lintas Jateng Polsek dan Koramil di Karanganyar Disulap Jadi Rest Area Mudik Lebaran

Polsek dan Koramil di Karanganyar Disulap Jadi Rest Area Mudik Lebaran

Cek kesiapan Polres Jelang Operasi Ramadhania Candi 2016

Karanganyar, 30/6 (BeritaJateng.net) -Jelang Idhul Fitri, Polres Karanganyar menggelar operasi dengan sandi Ramadhania Candi  2016. Operasi tersebut akan diselenggarakan selama 16 hari, terhitung sejak 30 Juni hingga 15 Juli mendatang.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan untuk  memantau arus mudik, Polres Karanganyar menyiagakan seluruh kantor Polsek dan Koramil baik jalur utama maupun jalur alternatif untuk dijadikan rest area.

“Kita juga menyiapkan tiga posko utama  pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu (gabungan dari lintas sektoral),” jelas Kapolres Ade Safri, Kamis (30/6).

Menurut Kapolres, tujuan dibentuk Pospam tersebut, agar masyarakat yang hendak mudik dan melintas di wilayah Karanganyar baik yang masuk dan keluar merasakan kondisi yang aman, nyaman, lancar dan kondusif.

“Kita siagakan semua anggota standby di Pospam untuk memantau pergerakan arus mudik,” jelasnya.

Karanganyar sendiri sudah menyiapkan sebanyak 25 posko yang mulai di siagakan pada H-5 lebaran sampai H+10 lebaran di seluruh wilayah Karanganyar.

“Ada 6 posko pengamanan, didirikan di wilayah Colomadu, Jaten, Bejen Kota, Tawangmangu, Gondangrejo, Sroyo, dan posko taktis di wilayah rawan laka di daerah perbatasan contohnya di Grompol dan Cemoro kandang,” jelas Kapolres.

Masih ditambah lagi 4 posko terpadu yang merupakan gabungan dari polisi, TNI, satpol PP, Linmas, Dinas Kesehatan yang dilengkapi dengan dokter dan paramedis lengkap ambulans, serta BPBD di posko Colomadu, Sroyo, Gondangrejo, Tawangmangu.

“Ada satu posko pengendali yang didirikan di alun-alun Karanganyar yang dijadikan lokasi berkoordinasi lintas sektoral yang tergabung dalam tim pengamanan Operasi Ramadaniya 2016,” papar Kapolres.

Posko istirahat bisa digunakan pemudik yang ingin beristirahat melepas lelah dengan pilihan lokasi yang aman dan nyaman karena berada di Polsek dan Koramil di sepanjang jalur mudik.

“Sebisa mungkin kita siapkan fasilitas penunjang  untuk kenyamanan para pemudik yang beristirahat,” papar Kapolres.

Selain itu tim terpadu yang diterjunkan juga menyiagakan seluruh Puskesmas dan rumah sakit juga akan buka selama arus mudik dan balik. (Bj24)