Home Lintas Jateng Polri Siapkan Pos Pengamanan Dilokasi Ramai Selama Natal dan Tahun Baru

Polri Siapkan Pos Pengamanan Dilokasi Ramai Selama Natal dan Tahun Baru

foto/ist

Semarang, 17/12 (Beritajateng.net) – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen (Pol) Condro Kirono menjelaskan pos pengamanan dan pos pelayanan akan disiapkan menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Pos pengamanan akan ditempatkan di daerah-daerah yang memiliki objek ramai, sementara pos pelayanan akan ditempatkan di titik jenuh pengemudi,” kata jenderal bintang dua itu, di Semarang, Rabu.

Hal itu diungkapkannya saat mendampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan jajaran terkait yang meninjau sejumlah simpul transportasi di Semarang untuk kesiapan angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Menurut dia, pengamanan pada masa angkutan Natal dan tahun baru rutin dilakukan setiap tahun, tetapi selalu dilakukan evaluasi menyadari ancaman yang dihadapi dari tahun ke tahun memang berbeda.

Markas Besar Polri, kata Condro, sudah berkoordinasi dengan seluruh jajaran kepolisian daerah yang diteruskan hingga tingkat resor dan memberikan arahan terkait pengamanan perayaan Natal dan tahun baru.

“Indikator kejadian-kejadian kecelakaan lalu lintas harus ditekan seminimal mungkin, jajaran polda dikoordinasi untuk mencegah terjadinya konflik sosial, termasuk kejahatan konvensional,” ungkapnya.

Ia menjelaskan antisipasi terjadinya kemacetan pada objek-objek wisata yang diprediksi dipadati pengunjung sudah disiapkan, seperti di kawasan Puncak, Jawa Barat, dan objek-objek wisata di Bali.

Demikian pula dengan keberadaan komunitas-komunitas automotif di setiap kabupaten/kota dan provinsi yang akan dikumpulkan dan difasilitasi dalam semacam “gathering” merayakan malam pergantian tahun.

“Korlantas juga melakukan pertemuan untuk koordinasi di wilayah-wilayah prioritas, seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Intinya, sinkronisasi dan koordinasi dalam pengamanan,” tukasnya.(ant/ss)