Home Hukum dan Kriminal Polri dan TNI Diminta Netral Mengawal Pilkada 2018

Polri dan TNI Diminta Netral Mengawal Pilkada 2018

602
Polri dan TNI Diminta Netral Mengawal Pilkada 2018
       Purbalingga, 5/1 (BeritaJateng.net) – Mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2018, Polres Purbalingga menggelar apel gelar pasukan ops mantap praja candi 2018 di alun-alun Purbalingga, Jum’at pagi (05/01). Apel juga diikuti anggota TNI dari Kodim 0702/Purbalingga, Batalyon 406/Candra Kusuma, Lanud Jenderal Besar Soedirman, jajaran Polsek Purbalingga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Linmas dan juga satuan satwa Polres Purbalingga.
       “Apel ini dimaksudkan mengecek kesiapan personil pengamanan baik dari TNI, Polri dan juga satuan tugas pengamanan lainnya dalam rangka mengawal pilkada serentak tahun 2018, sehingga situasi keamanan tetap kondusif baik, tidak ada gejolak, menjelang sampai dengan berakhirnya pilkada,” demikian kata Kapolres Purbalingga AKBP Agus Nugroho Setiawan, SIK. M.H.
        Selanjutnya, Agus Nugroho mengingatkan khususnya bagi jajaran Polri dan juga TNI untuk selalu memegang teguh netralitas, menghindari politik praktis, dan bekerja profesional mengawal seluruh tahapan pilkada agar berjalan lancar dan sukses. Selain keamanan, faktor gangguan yang datang dari alam juga perlu diwaspadai, baik bencana alam maupun kondisi wilayah yang memerlukan penanganan khusus.
        “Kita ketahui wilayah Purbalingga rawan bencana, dan juga terdapat daerah-daerah yang sulit dijangkau, diperlukan waktu dan kendaraan khusus untuk menjangkaunya, untuk itu kami telah siapkan 2/3 (dua pertiga) anggota kami (Polres Purbalingga-red) mengawal kelancaran distribusi logistik pilkada selamat sampai tujuan,” kata Agus Nugroho.
        Bupati Purbalingga H. Tasdi SH. MM. yang hadir beserta Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ, pimpinan DPRD, dan juga jajaran Forkopimda Purbalingga menyampaikan terima kasih atas kontribusi nyata dari Polres Purbalingga, dan juga TNI serta satuan tugas lainnya dalam upaya mengamankan Pilkada 2018.
Polri dan TNI Diminta Netral Mengawal Pilkada 2018

“Terima kasih saya sampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan rakyat Purbalingga pada jajaran kepolisian, TNI dan lainnya yang telah bersinergi mengupayakan pilkada 2018 berjalan aman dan sukses,” kata Bupati Tasdi.

          Sebelumnya, dalam rapatkoordinasi forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) Selasa (28/11) di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, Bupati Tasdi menyampaikan bahwa untuk menghadapi pesta demokrasi baik Pilgub (Pemilihan Gubernur) 2018 dan Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 situasi kondusif harus senantiasa dijaga  dengan sinergitas antar masyarakat.
           “Situasi yang aman, tidak terjadi hal-hal yang memecahbelah persatuan bangsa  dalam pilkada 2018 menjadi tanggung jawab pemerintah, stake holder dan juga partisipasi seluruh masyarakat, tidak hanya para pihak keamanan saja, untuk itu masyarakat wajib membantu pelaksanaan pengamanan pilkada 2018,” kata Bupati Tasdi.
          Usai apel gelar pasukan, Bupati Tasdi dan Wabup Tiwi serta Forkopimda mengecek kesiapan sarana prasarana ops mantap praja candi 2018 dimulai dari kendaraan roda 2, kendaraan operasional polsek se Purbalingga, kendaraan satuan dalmas, satuan kesehatan,  dan juga satuan satwa serta pemadam kebakaran. (yit/El)