Home Headline Polrestabes Semarang Grebek Percetakan Buku Illegal

Polrestabes Semarang Grebek Percetakan Buku Illegal

image
Percetakan buku illegal yang digerebek Polrestabes Semarang (BJ)

Semarang, 1/12 (Beritajateng.net) – Jajaran Reskrim Polrestabes Semarang menggrebek percetakkan buku illegal di kampung Karanganyar RT 07 RW 12Muktiharjo Kidul Pedurungan Kota Semarang, Senin (1/12) pagi tadi.

Hingga saat ini, polisi masih memintai keterangan tersangka. Pemilik percetakkan diketahui bernama Rommy Heriyanto (39). Dari tangan tersangka polisi mengamankan satu buah mesin foto copy, satu set komputer,dua buah mesin cetak, satu pack berisi 100 lembar seng untuk master, satu set master buku untuk dicetak ulang dan 1.601.000 buah buku hasil cetakkan dari berbagai jenis judul buku dan penerbit.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono kepada wartawan mengatakan,penggrebekan tersebut bermula dari penyelidikan anggota Tim Sus yangdipimpin langsung AKP Agus Budi. “Setelah melakukan pengintaian sejak Jum’at lalu, akhirnya kita lakukanpenggrebekan dan berhasil mengamankan barang bukti dan tersangka,” terang Djihartono.

Adapun modus yang dilakukan tersangka lanjut Djihartono adalah dengan mengambil buku tertentu kemudian dicopy dan dibuatkan master untuk dilakukan pencetakkan.”Setelah dibuatkan master, pelaku kemudian mencetaknya yang kemudian disebarkan ke beberapa toko,” tambahnya.

Dari hasil penyidikkan sementara, selain mencetak buku, pelaku juga menerima pesanan dari pihak atau orang lain untuk diminta dicetak dengan jumlah sesuai pesanan. Pelaku juga menerima order dari orang lain. Untuk proses hukum lebih lanjut, pelaku dijerat dengan pasal 77 ayat (2) jo pasal 1 butir ke 6 UUNo.19Tahun 2002 tentang Hak Cipta dengan ancaman hukuman 5 tahun penjaradan atau denda paling banyak Rp 500 juta. (BJ)

Advertisements