Home Lintas Jateng Polresta Surakarta Larang Gelaran ‘Drag Race’

Polresta Surakarta Larang Gelaran ‘Drag Race’

image
Ilustrasi

Solo, 6/12 (Beritajateng.net) – Kepolisian Resor Kota Surakarta tidak memberikan surat izin perlombaan “Racertees Drag Bike Drag Race 2014” yang digelar di Jalan Adi Sucipto kawasan Manahan Solo, karena banyak pertimbangan.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iriansyah melalui Kasubag Humas AKP Sis Raniwati, di Solo, Sabtu, menjelaskan, even tersebut dibatalkan karena banyak pertimbangan, antara lain warga di kawasan lomba menyatakan keberatan karena sangat mengganggu aktivitasnya.

Selain itu, kata Sis Raniwati, lomba drag bike tersebut digelar di jalan umum kawasan Manahan, sehingga akan mengganggu aktivitas pengguna jalan, bagi sekolah yang letaknya dekat dengan lomba tentunya juga terganggu. Padahal, seperti SMA Negeri IV kini sedang berlangsung ujian semesteran.

Bahkan, paguyuban pedagang Sunday market juga menyatakan keberatan dengan lomba itu karena mereka tidak bisa berjualan di halaman parkir Manahan yang digelar setiap Minggu.

“Warga sekitar menyayangkan lomba drag race jika tetap digelar, karena seperti event-event sebelumnya banyak taman di kawasan Manahan rusak berat, dan dinas terkait harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengembalikan kondisi semula,” kata Sis Raniwati menjelaskan hasil rapat koordinasi yang digelar di Polresta Surakarta, Jumat (5/12).

Menurut Sis Raniwati, rapat koordinasi tersebut dilakukan bersama Dishubkominfo Kota Surakarta, Kepala Satuan Lalu Lintas, Kabag Operasional, Dinas Kebersihan Pertamanan, dan Panitia Drag Bike 2014.

Krisnadi (47) Wakil Ketua Paguyuban Sunday Market Manahan Solo, mengatakan, pihaknya memang keberatan adanya lomba drag race tersebut karena selain mengganggu aktivitas warga yang sedang berolahraga di akhir pekan, juga pedagang di lokasi itu.

“Adanya lomba drag race tentunya pengunjung Sunday Market akan menurun karena akses masuk terganggu, sehingga dampaknya omzet pedagang menurun,” kata Kristanto.

Iwan (35) warga Sukoharjo yang bekerja di Manahan Solo, menjelaskan, dirinya sangat keberatan dengan digelarnya lomba Drag Race di jalan umum, karena akan mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya.

Bahkan, jalan di kawasan Manahan atau Jalan Adi Sucipto akan menjadi macet seperti event-event sebelumnya. Hal ini, akan merepotkan petugas lalu lintas setempat.

“Jika menggelar lomba drag race sebaiknya tidak di jalan umum. Pemkot Surakarta sudah menyediakan tempat lomba di parkir Manahan untuk event lomba balap motor, kenapa harus di jalan raya,” kata Iwan.(ant/pj)

Advertisements