Home Hiburan Polres Temanggung Lestarikan Tradisi Pentas Wayang Kulit

Polres Temanggung Lestarikan Tradisi Pentas Wayang Kulit

(dok.)

Temanggung, 14/11 (BeritaJateng.Net) – Kepolisian Resor Temanggung, Jateng, ikut melestarikan kesenian tradisional Jawa dengan menggelar pentas wayang kulit di halaman Asrama Polisi Gemoh Temanggung.

“Pementasan wayang kulit ini merupakan tradisi Polres Temanggung untuk mempersembahkan hiburan bagi masyarakat,” kata Kapolres Temanggung, AKPB Dwi Indra Maulana, Jumat (14/11) malam.

Pentas wayang kulit dengan dalang Ki Warseno Slank ini mengambil lakon “Semar Mbangun Kayangan”. Ratusan orang menyaksikan pementasan wayang kulit tersebut.

Untuk mengantisipasi membludaknya penonton, panitia menyiapkan layar lebar pementasan wayang tersebut di jalan raya depan Aspol Gemoh.

Ia mengatakan pementasan ini sekaligus mengingatkan kepada masyarakat terhadap arti pentingnya persatuan, kemudian bersama-sama melestarikan nilai-nilai tradisional, nilai-nilai norma sosial yang mungkin mulai tergerus oleh perkembangan zaman.

“Melalui kegiatan ini, kami mengingatkan kembali bahwa budaya wayang kulit memiliki nilai adat dan norma sosial,” katanya.

Ia menuturkan wayang kulit merupakan satu kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sehingga bisa membentuk suatu bangsa yang besar dari nilai-nilai budaya yang telah diajarkan sebagai warisan dari ini kita berharap pada anak muda dan.

Menurut dia pementasan hiburan ini juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan bahwa pelaksanaan Pemilu anggota Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 di Kabupaten Temanggung telah berlangsung dengan lancar dan baik.

“Setelah pesta demokrasi sekian panjang hampir satu tahun lamanya, sempat terkotak-kotak dengan persepsi masing-masing, pada momentum ini kita harus bersatu kembali untuk membangun Temanggung,” katanya. (ant/pri)

Advertisements