Home Hukum dan Kriminal Polres Magelang Amankan Alat Berat Penambang Liar

Polres Magelang Amankan Alat Berat Penambang Liar

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Magelang, 10/2 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Resor Magelang mengamankan sebuah alat berat dan truk pasir yang digunakan untuk menambang pasir secara liar di alur Sungai Senowo di Dusun Ngentak, Desa Sawangan, Kabupaten Magelang.

Kapolres Magelang AKBP Rifki di Magelang, Selasa, mengatakan penangkapan alat berat dan truk yang sedang melakukan penambangan ilegal tersebut berawal dari informasi masyarakat tentang adanya penambangan liar di wilayah tersebut.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat, tim khusus kami bersama dengan Polsek Sawangan mengecek ke lokasi. Kami temukan ada alat berat untuk menambang. Bahkan, operatornya, Siswadi (41) mencoba melarikan diri, namun langsung kami amankan,” katanya.

Kapolres menjelaskan pihaknya langsung menyita alat berat dan truk pasir yang sedang menambang. Sementara operator dan sopir sempat dimintai keterangan di Mapolsek Sawangan.

Ia menjelaskan karena tertangkap tangan sanksi yang akan diterapkan juga cukup berat.

Ia mengatakan, mereka diancam dengan Pasal 158 UU RI no 4 tahun 2009 tentang Pertambangan dan Mineral Batubara, dalam pasal itu menyebutkan bahwa setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa izin usaha pertambangan (IUP), izin pertambangan rakyat (IPR) atau izin usaha pertambangan khusus (IUPK) maka terancam pidana penjara maksimal 10 tahun dan atau denda maksimal Rp1 miliar.

Ia menuturkan dengan penangkapan satu alat berat tersebut, Polres Magelang telah menyita 13 backhoe yang digunakan untuk melakukan penambangan liar.

Pekan lalu, Polres juga melakukan penyisiran di sejumlah alur sungai. Dalam operasi penambangan tersebut, Polres menyita sekitar 22 aki backhoe.

“Pada operasi pekan lalu, kami hanya melakukan pembinaan saja karena tidak tertangkap tangan. Kami akan terus melakukan penertiban karena memang penambangan dengan alat berat itu mengancam kelestarian lingkungan,” katanya. (ant/BJ)

Advertisements