Home Lintas Jateng Polres Karanganyar Cek Keamanan Perlintasan Rel Kereta

Polres Karanganyar Cek Keamanan Perlintasan Rel Kereta

Patroli Rel Kereta Api
Patroli Rel Kereta Api
Patroli Rel Kereta Api


Karanganyar, 30/6 (BeritaJateng.net) – Keamanan jalur pemudik yang menggunakan kereta api selama musim arus mudik lebaran mendapat perhatian dari Polres Karanganyar. Untuk itu petugas dari  Polres Karanganyar melakukan pengecekan terhadap bantalan rel kereta api disepanjang jalur Selatan, seperti di Stasiun Palur.

Sebenarnya pengecekan ini tidak hanya dilakukan saat jelang lebaran saja. Bahkan setiap hari secara ruti petugas dari Polres Karanganyar juga selalu memantau kondisi  untuk jalur perlintasan kereta api. 

Terlebih lagi selama arus mudik lebaran ini di pastikan arus lalu lintas di jalur lintasan kereta akan semakin padat, karena di prediksi jumlah pemudik yang menggunakan kereta akan semakin meningkat.   

Kasubbag Humas Polres Karanganyar, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suryo Wibowo menjelaskan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan keamanan lintasan kereta dan juga untuk mengantisipasi ada pencurian besi pengunci rel.  

“Pengecekan ini untuk pengamanan lebaran yang bekerjasama dengan PT Kereta Api,” jelasnya di saat berada di lokasi Stasiun Palur, Selasa (30/6/2015).    

Nantinya, jelas AKP Suryo Wobowo, pihak Polres Karanganyar akan tetap menerjunkan petugas patroli untuk rutin melakukan pengecekan rel setiap saat sebagai bentuk antisipasi adanya sabotase lainnya.

Pengecekan perlintasan kereta api ini ungkap (AKP) Suryo Wibowo diutamakan terkait dengan  kelengkapan perlintasan misalkan  mur, bantalan kereta juga jalur perlintasan.

Hasil pengecekan di lapangan menurut AKP Suryo Wibowo, hasil pengecekan di sepanjang perlintasan kereta semuanya dalam kondisi aman untuk di lalui. Apalagi pengait yang ada di rel kereta api sudah menggunakan pengait besi yang ebih aman dan susuah untuk di buka. Berbeda dengan saat menggunakan  mur yang gampang untuk di buka. (BJ24)