Home Lintas Jateng Polres Blora Sosialisasikan Aplikasi Layanan Publik Lewat Radio

Polres Blora Sosialisasikan Aplikasi Layanan Publik Lewat Radio

BLORA, 31/3 (BeritaJateng.net) – Polres Blora Polda Jateng gandeng salah satu Radio Komunitas untuk mensosialisasikan sejumlah aplikasi baru layanan publik.

Ini dilakukan karena pada masa pandemi ini sangat efektif untuk sosialisasi melalui siaran radio. Selain untuk menghidupkan kembali media radio juga untuk menghindari kerumunan.

Dari pantauan dilapangan media radio ternyata masih digemari oleh masyarakat pedesaan meski jamanya sudah era digital.

Seperti radio suara tani (Rasta) FM ini, meski radio komunitas, Rasta FM tidak kalah dengan radio komersial maupun radio pemerintah.

Untuk itu Polres Blora melalui Kasubbag Humas AKP Soeparlan menggandeng radio Rasta FM 107,7 Mgz dijalan Blora – Cepu KM 5, sebagai sarana untuk memberi informasi dan edukasi tentang pelayanan dan pesan Kamtibmas kepada pendengar di Blora dan sekitarnya.

Ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Blora AKP Soeparlan saat sosialisasi melalui dialog interaktif di Radio Rasta FM 107,7 Mgz Rabu (31/3) pihaknya sangat senang bisa bedialog interaktif melalui siaran Radio.

“Ini akan kita jadwalkan rutin, agar masyarakat tahu informasi, inovasi yang dilakukan Polres Blora sebagai pelayan masyarakat, ini sangat efektif. Masyarakat bisa langsung berinteraksi memberikan imbal balik secara langsung dengan kami, ” ungkap AKP Soeparlan usai siaran (Rabu, 31/3).

Ditambahkan AKP Soeparlan, saat ini Polres Blora, sedang gencar gencarnya membuat sejumlah inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik agar lebih baik lagi.

“Ini merupakan salah satu program Kapolri “Presisi” dengan menggadeng sejumlah elemen masyarakat, termasuk teman teman media,” imbuhnya.

Menurut AKP Soeparlan ada 6 aplikasi baru yang di lounching Polres untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat di Blora.

“Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, kemarin telah melounching 6 aplikasi Layanan Pubik Selasa (30/3) kemarin. Dan sekarang ini kita sosialisasikan melalui siadan radio agar masyarakat Blora tahu,” jelas AKP Soeparlan

Dengan sosialisasi ini, lanjut AKP Soeparlan, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Blora, mengenai pelayanan serta informasi mengenai inovasi inovasi, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah dalam menerima pelayanan dari Polres Blora.

Kegiatan yang dikemas dalam dialog interaktif sederhana tersebut dihadiri oleh Kasubbag Humas Polres Blora AKP H. Soeparlan, SH bersama Paur Humas Bripka Arip Nirwanto,,SH serta ketua PWI Kabupaten Blora Heri Purnomo,SH dan Penyiar Rasta FM Blora Lilis Suryani.

Launching inovasi pelayanan publik Polres Blora tersebut dalam rangka mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi, (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, (WBBM) di wilayah hukum Polres Blora.

Enam inovasi layanan publik yang disosialisasikan oleh Kasubbag Humas Polres Blora AKP H. Soeparlan, SH meliputi :

Inovasi pelayanan publik Satlantas Polres Blora, diantaranya adalah Pituduh Samin yaitu layanan melalui pesan singkat (SMS). Petugas Satlantas Polres Blora akan mengingatkan kepada pemilik SIM yang akan habis masa berlakunya melalui pesan singkat SMS.

Yang kedua layanan SIM Delivery adalah sebuah pelayanan delivery SIM yang di peruntukan bagi penyandang disabilitas serta bagi pemohon yang tidak sempat menunggu SIM nya tercetak karena ada urusan yang mendesak.

Sedangkan yang ketiga adalah SIMAMI, (SIM Malam Minggu) yaitu Pelayanan SIM khusus perpanjangan SIM A dan C pada malam Minggu, dengan lokasi yang berbeda terutama ditempat keramaian seperti di Alun alun, Pasar Rakyat Sido Makmur, Kridosono

Selain itu disampaikan juga inovasi layanan online besuk tahanan, (Lobet) dari Sat Tahti Polres Blora dan layanan SPKT On The Spot serta Layanan Boking SKCK melalui WA.

Kasubbag Humas AKP H. Soeparlan,SH membeberkan masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut, sehingga lebih mudah dan efisien dalam mengurus ataupun membuat laporan yang ada hubungannya dengan kepolisian.

“Silahkan manfaatkan layanan tersebut, sehingga lebih mudah dan cepat. Jika kurang jelas bisa dicek di akun media sosial Polres Blora baik di Instagram, Facebook ataupun Twitter, disitu ada nomor nomor hot line yang bisa dihubungi,” tutur Kasubbag Humas Polres Blora.

Sosialisasi inovasi pelayanan publik di radio tersebut mendapat tanggapan positif dari Ketua PWI kabupaten Blora yang juga ikut siaran di Rasta FM Blora.

“Ini sangat bagus, karena kondisi sekarang perlu sekali adanya inovasi seperti ini, mudah dan cepat. Saya sangat mendukung sekali karena untuk menghindari kerumunan masa dan mencegah penyebafan covid 19, sehingga bisa menekan kasus covid di Blora,” kata Ketua PWI Blora Heri Purnomo,SH. (Her/El)