Home Headline Polisi Periksa 4 WNA Terkait Keberadaan Puluhan WNA

Polisi Periksa 4 WNA Terkait Keberadaan Puluhan WNA

WNA yang diamankan aparat Polrestabes Semarang, Rabu (29/4).
WNA yang diamankan aparat Polrestabes Semarang, Rabu (29/4).
WNA yang diamankan aparat Polrestabes Semarang, Rabu (29/4).


Semarang, 29/4 (BeritaJateng.net) – Aparat Polrestabes Semarang mengamankan empat orang pasca penggerebekan rumah mewah yang diduga terdapat sejumlah 40 warga negara Tiongkok dan Taiwan.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Sugiarto mengatakan, dalam penggerebekan puluhan WNA yang tinggal dirumah mewah Jalan Merapi No 18 tersebut, pihaknya sudah mengamankan empat orang untuk keterangan saksi.

“Kami sudah amankan empat orang untuk dimintai keterangan seputar kronologi bagaimana puluhan WNA bisa tinggal disini,” katanya saat ditemui dilokasi.

Sugiarto menambahkan, terkait proses selanjutnya terhadap sejumlah puluhan WNA, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Imigrasi untuk memproses.

“Kami akan limpahkan ke Imigrasi dan sudah koordinasi dengan interpol untuk proses selanjutnya,” jelasnya.

Puluhan WNA itu nantinya akan diinterogasi dan dijerat Undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Sebelumnya, Aparat Polrestabes Semarang menggerebek puluhan WNA di sebuah rumah mewah Jalan Merapi No.18 Semarang. Mereka diduga melakukan praktik penipuan via telepon dengan target negara masing-masing.

Saat digrebeg, para WNA tersebut tidak berkutik dan menuruti petugas. Terlihat didalam ruangan terdapat meja berbentuk bilik dilengkapi alat telepon. Kemudian ada juga ruang kerja dengan dinding kedap suara dan terdapat belasan kasur tingkat.

Dari keterangan sementara, disita 36 paspor. Dari jumlah tersebut 29 paspor teridentifikasi pemiliknya sedangkan 7 paspor tidak diketahui pemiliknya karena diduga kabur dan diperkirakan 4 orang tidak memiliki paspor. (BJ04)