Home Headline Polisi Grebeg Jaringan Penipuan Internasional

Polisi Grebeg Jaringan Penipuan Internasional

Puluhan WNA yang diamankan polisi
Puluhan WNA yang diamankan polisi

Semarang, 28/4 (Beritajateng.net)-  Sebuah rumah mewah yang berada di Jalan Merapi no 18, Gajahmungkur, digerebek Aparat Polrestabes Semarang, Selasa (28/4) malam.

Saat dilakukan penggerebekan, di dalam rumah terdapat sejumlah 33 warga negara Tiongkok dan Taiwan. Mereka diduga melakukan praktik penipuan via telepon dengan target negara masing-masing.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin mengatakan penggerebekan tersebut dilakukan atas informasi warga yang mencurigai banyak warga asing yang keluar masuk dari rumah milik Suhartono. Petugas yang mengetahui itu langsung melakukan penyelidikan ada 40 WNA yang tinggal di dalam rumah tersebut.

“Rumah ini sehari-harinya tertutup rapat. Selain itu warga yang curiga akan banyaknya aktifitas WNA keluar masuk,” katanya saat datang ke lokasi penggerebekan, Selasa (28/4) malam.

Burhanudin menambahkan dari keterangan sementara petugas menyita 36 paspor. Dari jumlah tersebut 29 paspor teridentifikasi pemiliknya sedangkan 7 paspor tidak diketahui pemiliknya karena diduga kabur dan diperkirakan empat orang tidak memiliki paspor.

“Ada 19 warga negara Tiongkok dan 21 warga negara Taiwan. Ada 29 laki-laki dan 11 wanita. Mereka diketahui menggunakann visa kunjungan,” tuturnya.

Lebih lanjut Burhanudin menjelaskan terkait banyaknya WNA yang tinggal dirumah mewah tersebut diduga mereka melakukan penipuan terhadap warganya masing-masing.

“Jadi mereka semua itu diduga melakukan penipuan dengan target di negaranya. Modus yang digunakan dengan cara menelpon nomor secara acak. Setelah korban percaya, pelaku ini yang sebagai operator telpon dengan tujuan menipu diharap mentrasfer uang ke rekening yang ditentukan,” terangnya. (BJ04)