Home Headline Polisi Amankan Napi Nusakambangan karena Miliki Sabu

Polisi Amankan Napi Nusakambangan karena Miliki Sabu

sabu-sabu

Cilacap, 26/2 (BeritaJateng.net) – Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, mengamankan seorang napi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika, Pulau Nusakambangan, karena memiliki sabu-sabu.

“Narapidana atas nama Awan Hari Purnomo alias Wawan (38), warga Ledok, Salatiga, diketahui memiliki dua plastik kecil berisi sabu-sabu seberat 0,8 gram dan dua unit telepon seluler,” kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya didampingi Kepala Subbagian Humas Ajun Komisaris Polisi Bintoro Wasono di Cilacap, Kamis.

Menurut dia, barang bukti sabu-sabu dan telepon seluler tersebut ditemukan oleh petugas lapas saat menggelar inspeksi mendadak di Blok A5 Kamar 6 Lapas Narkotika.

Saat diinterogasi petugas Lapas Narkotika, kata dia, napi itu mengakui jika barang bukti tersebut miliknya.

“Oleh karena itu, petugas Lapas Narkotika menyerahkan Wawan berikut barang buktinya ke Satresnarkoba guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Kami akan menyelidiki asal usul barang tersebut hingga masuk penjara,” katanya.

Menurut dia, Wawan merupakan napi kasus narkoba yang divonis hukuman penjara selama enam tahun dan baru dijalani selama tiga tahun.

Kapolres mengatakan bahwa Wawan bakal dijerat dengan Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun.

“Kami akan selalu berkordinasi dengan pihak lapas dalam memberantas peredaran narkoba di dalam lapas,” katanya.

Sebelumnya, Satresnarkoba juga menciduk dua napi Lapas Narkotika, Roni dan Pace, karena mengonsumsi narkoba di dalam penjara dengan barang bukti sabu-sabu seberat 3,093 gram. (ant/BJ)