Home Hukum dan Kriminal Polda Riau Fokus Tuntaskan Penambangan Illegal

Polda Riau Fokus Tuntaskan Penambangan Illegal

Ilustrasi
image
Ilustrasi

Pekanbaru, 10/1 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Daerah Provinsi Riau menyatakan untuk fokus menuntaskan kasus penambangan emas tanpa izin yang sejauh ini masih terus berlangsung di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

“Penambangan emas secara ilegal di Kuantan Singingi sejauh ini telah memicu kerusakan infrastruktur tanah yang masuk ke dalam areal perusahaan dan pencemaran sungai yang dilakukan masyarakat,” kata Kapolda Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan kepada pers di Pekanbaru, Sabtu.

Untuk kasus penambangan ilegal yang dilakukan masyarakat pendatang mengakibatkan pencemaran sungai, kata dia, marak terjadi di wilayah Kecamatan Kuantan Tengah, Singingi Hilir, Benai dan Logas Tanah Darat serta Kuantan Hilir.

Kemudian, lanjut dia, juga marak terjadi di wilayah Kecamatan Sentajo Raya, Pucuk Rantau, Gunung Toar dan Kuantan Mudik.

“Seluruh kegiatan itu harus ditertibkan karena berdampak buruk terhadap lingkungan,” katanya.

Menurut catatan, sepanjang 2014, Polda Riau bersama jajaran Polres Kuantan Singingi juga telah sering melakukan razia bersama pemerintah setempat dan masyarakat.

Kepolisian juga telah berhasil menyita dan memusnahkan peralatan penambangan di berbagai kawasan anak sungai di Kuantan Singingi.

Penertiban juga kerap berujung bentrok dengan sejumlah kelompok masyarakat yang menggantungkan kehidupan dan perekonomian mereka di aktivitas penambangan emas.

“Tahun ini persoalan penambangan emas ilegal di Kuantan Singingi menjadi tantangan untuk segera dituntaskan,” katanya. (Ant/BJ)