Home News Update Polda Jateng-Sido Muncul Gelar Operasi Katarak

Polda Jateng-Sido Muncul Gelar Operasi Katarak

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat berfoto bersama Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Kapolres Semarang dan pejabat lainnya.

Semarang, 22/9 (BeritaJateng.net) – Indonesia sampai saat ini masih merupakan negara dengan jumlah penderita buta katarak tertinggi di Asia Tenggara, yaitu sebesar 1,5 % per dua juta penduduk. Setiap tahun 240.000 orang terancam mengalami buta karena katarak.

Guna membantu mengurangi jumlah penderita buta katarak di Indonesia, PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melakukan Gerakan Penanggulangan Buta Katarak di Indonesia, yang pencanangannya dilakukan pada 15 Januari 2011 oleh Wapres RI Budiono saat itu.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Polisi lalu lintas ke-61, Polda Jateng, Polres Semarang bekerja sama dengan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk menggelar operasi katarak gratis bagi warga tidak mampu.

Bertempat di Rumah Sakit Ken Saras jalan Soekarno Hatta Bergas, Ungaran, Semarang, Kegiatan operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH,M.IP, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Drs. Condro Kirono MM.MHum, Bupati Semarang dr. H.Mundjirin ES.Sp.OG, Kapolres Semarang V.Thirdy Hadmiarso,SIK, Direktur Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat, Dirut RS Ken Saras Dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH. Dr. PH, serta pejabat-pejabat terkait lainnya.

Acara operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul diawali dengan doa dilanjutkan sambutan-sambutan, simbolis pemberian produk Sido Muncul kepada penderita katarak dan diakhiri dengan kunjungan ke ruang operasi pelaksanaan operasi katarak.

Untuk diketahui, operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul telah dilakukan sejak tahun 2011 dan telah dilaksanakan di 27 provinsi, 210 kota/kabupaten, 235 Rumah Sakit/Klinik Mata/Puskesmas di seluruh Indonesia.

Total yang telah dioperasi kerjasama antara Sido Muncul dan Perdami sampai akhir Agustus 2016 adalah 47.878 mata.

Pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini adalah: Pemda Tk. I & II, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) RI, Kementerian Kehutanan RI, Kementerian Kesehatan RI, TNI AL, TNI AD, POLRI, Persatuan Pensiunan Angkatan Laut (PPAL), Fakultas Tehnik Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas YARSI, PBNU, NU FATAYAT, PUKAT/Keuskupan Surabaya, KOWANI, IWAPI, WITT, Pelindo, Yayasan Kick Andy, PWI, Rumah Sakit & Klinik Mata.

Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, Sofyan Hidayat berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana. Karena semakin banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga ataupun organisasi masyarakat, akan membantu mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia.

Terpisah, Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat menambahkan, dengan adanya operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul bekerjasama dengan Polres Semarang, RS Ken Saras, dan Perdami cabang Jawa Tengah, dapat mengurangi angka penderita katarak, khususnya di Kabupaten Semarang.

“Melalui kegiatan ini pula, masyarakat dihimbau bisa menghilangkan persepsi bahwa operasi katarak itu menakutkan, karena banyak pasien yang enggan berobat karena takut operasi,” ujar Irwan. (PR/BJ)

Advertisements