Home Headline Pohon Raksasa Ratusan Tahun Tumbang Timpa Rumah

Pohon Raksasa Ratusan Tahun Tumbang Timpa Rumah

 

image
Pohon tumbang menimpa makam dan rumah.

Jepara, 04/01 (Beritajateng.net) – Sebuah pohon raksasa berusia ratusan tahun tumbang, menimpa tiang listrik dan rumah milik Ahmad Rifai (35) warga Desa Demaan, Jepara, Minggu (04/01) pagi. Pohon raksasa ini tumbuh di area Pemakaman Mbah Sabilan Abdul Rahman, Desa Demaan.

Selain menimbulkan kerusakan pada rumah dan bangunan makam, pohon tumbang tersebut juga mengakibatkan aliran listrik rumah warga sekitar padam. Hal itu dikarenakan satu tiang listrik turut roboh tertimpa pohon.  

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka, namun rumah Ahmad Rifai mengalami kerusakan cukup parah.

Menurut keterangan Nurkholis, pohon tumbang terjadi kekitar pukul 5.30 WIB. Ketika itu dirinya baru saja melintas di area pemakaman. Sesaat kemudian, dirinya mendengar suara gemuruh dan suara ledakan dari travo listrik.

“Saat pulang dari pasar, saya melintas di jalan depan makam. Belum jauh dari makam ada suara gemuruh dan suara travo meledak,” ungkap Nur Kholis.

Juru kunci makam, Abdul Hamid (70) menyatakan, pohon raksasa ini memiliki diameter sekitar satu meter, serta tinggi 30 meter. Diperkirakan pohon tersebut telah berusia 200 tahun. Dimungkinkan, pohon tumbang akibat usianya yang telah tua, serta akarnya yang sudah tak mampu menahan batang pohon.

“Saat saya masih kecil, pohon ini sudah tumbuh besar. Bahkan, ketika makam Mbah Sabilan dijaga oleh Datuk Ahmad selaku juru kunci ke-4, pohon ini juga sudah besar seperti ini,” tutur Abdul Hamid.

Proses evakuasi pohon raksasa tersebut cukup menyita waktu dan tenaga. Dengan dibantu Tim BPBD serta relawan SAR Jepara, warga harus memotong banyak ranting, cabang, juga batang pohon yang besar dengan menggunakan gergaji mesin. (BJ18)