Home Lintas Jateng PMI dan KRS PMI Perguruan Tinggi Semarang Dirikan Posko Mudik Lebaran

PMI dan KRS PMI Perguruan Tinggi Semarang Dirikan Posko Mudik Lebaran

IMG-20150712-WA0000

Semarang, 12/7 (BeritaJateng.net) – Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan KRS (Korps Sukarela) PMI dari berbagai Perguruan Tinggi di Semarang menyediakan Posko Pertolongan Pertama dan Pelayanan Ambulans di Jalan Brijen Sugiarto Pedurungan Semarang. Posko ini akan dibuka sampai menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

Saiful Hadi selaku pembina mengatakan, posko pelayanan ini tersedia berkat kerja sama antara PMI Wilayah Timur dengan KRS PMI Unit Universitas Semarang (USM) yang dibantu Universitas PGRI Semarang, Stikes Karya Husada Semarang, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dan MAN 1 Semarang serta Indovision.

“Posko ini sudah tiga kali ini diadakan setiap tahunnya dan difokuskan untuk pertolongan pertama kepada masyarakat yang membutuhkan terlebih pada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Jadi ketika mereka ada yang lelah bisa istirahat, yang sedang sakit bisa diberikan pertolongan pertama,” kata Saiful.

Saiful menambahkan posko PMI siap membantu kapan saja apabila dibutuhkan, sebab posko ini nantinya akan dijaga 24 jam. Dimana setiap harinya terdapat tiga shift, setiap shiftnya dijaga kurang lebih 10 orang.

“Setiap hari ada tiga shift, shift pagi, siang, dan malam. Dan setiap shiftnya akan dijaga 10 personil,” ujarnya.

Menurutnya, fasilitas yang disediakan dalam posko ini berupa tempat untuk beristirahat dan obat-obatan serta disiapkan pula sebuah mobil Ambulans.

Lebih lanjut Saiful mengatakan posko ini semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Senada dengan Saiful, Siti Marlina Rahayu yang mewakili KRS unit UPGRIS mengatakan pendirian posko kesehatan ini bermanfaat sekali, karena dapat membantu masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Menurutnya, sambutan dari teman-teman KRS PMI sendiri sangat antusias, terbukti dengan banyaknya yang berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini.

“Dibanding temen-temen lainnya saya baru pertama ini mas ya, jadi berharap banget diberi kelancaran dan semoga tidak terjadi masalah yang serius,” kata mahasiswi jurusan Pendidikan Matematika ini. (Mg-2)