Home Lintas Jateng PLTU Jepara Pastikan Suplai Listrik Aman

PLTU Jepara Pastikan Suplai Listrik Aman

ilustrasi

ilustrasi

Jepara, 23/3 (BeritaJateng.net) – Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tanjung Jati B, Jepara, Jawa Tengah, memastikan suplai energi listrik ke sistem kelistrikan Jawa-Bali aman, kata Deputi Manajer Humas dan Umum PT PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara Adi Sunarto.

“Untuk menghindari terjadinya gangguan, perawatan rutin selama ini dilakukan sesuai jadwal sehingga kinerja masing-masing unit pembangkit tetap optimal,” ujarnya kepada wartawan terkait upaya menjaga kelancaran suplai energi listrik, di Kudus, Senin.

Selain itu, lanjut dia, langkah antisipatif juga sudah disiapkan terhadap segala kemungkinan untuk menjaga keandalan pembangkit guna menjaga suplai energi listrik ke sistem kelistrikan Jawa-Bali lancar.

Hingga kini, kata dia, tidak ada permasalahan dengan masing-masing unit pembangkit.

Dengan didukung empat unit pembangkit, maka total kapasitas terpasang PLTU Tanjung Jati B dari empat unit mesin pembangkit mencapai 2.648 mega watt (MW).

Oleh karena itu, PLTU Tanjung Jati B Jepara juga menyumbang suplai energi listrik sistem kelistrikan Jawa-Bali sekitar 12 persen.

Termasuk terkait dengan ketersediaan batu bara, kata dia, tersedia dalam jumlah yang aman.

Bahkan, lanjut dia, saat musim baratan atau gelombang ombak tinggi stok batu bara juga tersedia dalam jumlah yang aman karena sebelumnya sudah dilakukan antisipasi.

Stok batu bara yang ada saat ini, kata dia, cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 40 hari ke depan.

Sementara kebutuhan batu bara untuk setiap harinya, kata dia, sebanyak Rp22.000 ton batu bara.

Ketersediaan stok batu bara, katanya, didukung dengan tempat yang cukup luas untuk menyimpan bahan bakar fosil tersebut karena mampu menampung hingga ratusan ribu ton batu bara.

“Ketersediaan stok batu bara tersebut, juga untuk memberikan kepastian suplai listrik ke sejumlah daerah aman,” ujarnya. (ant/BJ)